Skip to main content

Punya Wajah Mirip Orangtua, Selalu bertengkar. Mitos atau fakta?

vemale.com
Punya wajah yang mirip atau hampir mirip dengan wajah orangtua, baik ibu atau ayah mengakibatkan kita selalu bertengkar, benar nggak sih? Saya termasuk anak yang punya wajah mirip sekali dengan ibu saya. Orang-orang selalu mengatakan bahwa saya adalah fotokopi ibu. Apalagi jika bertemu dengan teman lama ibu, mereka selalu bilang "Kamu mirip sekali ya, persis seperti waktu ibumu masih gadis dulu."


Memang sih, saat bercermin saya selalu melihat wajah ibu karena kami benar-benar mirip. Mungkin karena itu juga semenjak kecil saya selalu berbeda pendapat dengan ibu. Selalu saja ada bahan pertengkaran yang membuat saya tidak sependapat dengan ibu, begitupun sebaliknya. Mulai dari hal sepele sampai hal yang besar. Meskipun saya juga bukan anak kesayangan ayah tetap saja kecekcokan dengan ibu lebih mendominasi. Ketika saya bilang tidak, ibu bilang iya, padahal saya bilang tidak karena berusaha untuk memperkecil kemungkinan bertengkar karena dulunya ibu juga pernah memutuskan kata tidak untuk masalah yang serupa.

Padahal orangtua itu harusnya menjadi sosok yang paling dekat dengan anaknya. Kemana lagi anak akan mengadu kalau bukan pada orangtuanya. Tapi ternyata tidak semua anak bisa merasakan kedekatan dengan orangtua atau ibu mereka. Ada saja pertengkaran yang terjadi setiap hari dengan berbagai alasan.

Sebagai anak, saya diajarkan untuk selalu patuh dan taat pada orangtua. Jangankan melawan, berkata "ah" saja tidak boleh. Tidak ingin rasanya dicap sebagai anak durhaka tapi mau berkata apa lagi beliaulahlah orangtua yang telah mengandung, melahirkan dan merawat saya dari kecil dengan susah payah. Bahkan segala pengorbanannya itu tidak akan dapat terbalas oleh apapun.

Saya pernah ditegur oleh ibu-ibu yang sudah tua sewaktu ketemu di jalan. Kebetulan dia juga kenal dengan ibu saya, katanya "Kamu mirip sekali dengan ibumu, apa kalian tidak pernah bertengkar?" saya hanya tersenyum dan dia menyambung kalimatnya "Tapi kalau anak soleh tidak akan pernah melawan ibunya" Dia menepuk pundak saya kemudian pergi.

Padahal ketika setiap apa yang keluar dari mulut saya selalu dianggap salah. Saya memilih menahan kesal di dalam dada. Ketika saya tahu bahwa saya salah, saya juga tahu sikap mereka juga salah. Saya kadang merasa bahwa hidup ini tidak adil, ketika saya dibentak kenapa saya tidak boleh membentak balik? Dan saya hanya memilih diam. Bahkan ketika saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki semua tapi tetap saja salah dimata mereka. Tidak merubah keadaan dan masih saja sama. Memang benar kesuksesan seorang anak itu terletak pada ridho orangtua. Karena doa orangtua itulah yang mengiringi langkah anaknya. Bukannya doa yang didapat tapi hanya sumpah serapah yang keluar mengiringi langkah kaki anaknya. Lalu bagaimana bisa sukses jika masih saja bertengkar dengan mereka?.

Ingin rasanya untuk mengakhiri pertengkaran itu tapi bagaimana caranya? Sesaat setelah bertengkar, di sebuah keheningan,  saya merasa tidak punya tempat untuk pulang, untuk berkeluh kesah atau sekadar menyandarkan kepala saya di bahu mereka. Saya hanya bisa iri melihat teman-teman atau orang lain bisa sedemikian dekat dan akrab dengan ibu mereka. Ingin rasanya saya menjadi anak mereka dan menjadi bagian dari keluarga bahagia itu. Mereka hidup dengan penuh kasih sayang. Mereka bisa, kenapa saya tidak? Apa yang tidak bisa saya penuhi untuk mendapat kasih sayang itu? Jika diingat-ingat rentetan peristiwanya, rasanya sangat sulit untuk memaafkan kesalahan yang sudah menumpuk entah sejak kapan. Sering dikatain anak durhaka, tapi bukankah juga ada orangtua yang durhaka? Meskipun sudah mampu hidup sendiri, tapi jauh di dalam hati saya sangat ingin berbaikan dengan mereka. 

Sesalah apapun orangtua, saya hanya bisa diam, mengunci pintu kamar, menyetel musik kesukaan, atau mengaji, meskipun tak jarang berurai air mata. Saya memilih menerima segala tuduhan yang dilemparkan pada saya, sembari berdoa agar diberikan kesabaran yang tak terhingga. Karena mengemukakan pendapat atau menjelaskan kebenaran hanya akan semakin memperpanjang pertengkaran. Sampai kapan semua ini akan berakhir? Ketika saya mengintrospeksi diri sendiri, mungkin cara berkomunikasi kami yang salah, sehingga selalu timbul salah paham. Saya maunya begini ibu maunya begitu, saya bilang iya ibu bilang tidak. Saya bilang tidak, ibu bilang iya. Pernah sih diadakan diskusi dalam keluarga untuk dicarikan solusi, tidak bertahan lama, eh kembali lagi seperti biasa. Ujung-ujungnya, sebagai anak ya harus ngalah, mau bagaimanapun beliau tetaplah ibu yang harus dipatuhi bahkan 3x melebihi ayah.

Mitos sering bertengkar karena kemiripan wajah dengan orangtua itu mungkin ada benarnya. Karena bukan hanya saya, banyak saya melihat orang yang wajahnya mirip cenderung selalu bertengkar. Ntah itu antara ibu dan anak, ayah dan anak, saudara (kecuali kembar). Tapi di daerah saya tinggal, ada tradisi jual anak, mungkin lebih tepatnya menggadaikan anak. Dibelinya sih tidak mahal-mahal, bisa dengan uang Rp.5000.-, bisa dengan sebuah gelas minuman, atau apa saja seikhlasnya. Dan nanti ditebus ketika si anak akan menikah. Karena mungkin mereka percaya, menjual/menggadaikan anak yang mirip dengan orangtua kepada saudara bukan kandung bisa menggugurkan mitos itu. Jadi si anak dan orangtuanya tidak bertengkar lagi. 

"Hmmmm.... mungkin ibu saya lupa menjual saya ketika kecil dulu."

Comments

  1. wah saya baru tahu tuh tradisi menjual anak, wah aku malah gak tahu kalau wajah mirp itu sering bertengkar ya. Kayaknay komunikasi hrs dilancarkan dg bahasa ya lebih baik sebagai sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sepupu saya jual anak lelakinya ke ibu saya lantaran anaknya mirip sekali dengan bapaknya. katanya selalu berantem trs, skrg udah nggak hihi... bnr apa nggaknya sih sy kurang tau, hehe...

      Delete
  2. fakta buatku he he...aku sering bertengkar ma ibuku ...dulu sihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baguslah mbak udh baikan, seiring berjalannya waktu mungkin saya juga bisa berdamai dengan orangtua. :)

      Delete
  3. mitos sih kak, hehehehe soalnya sodaraku malah legket sama mamanya :)

    ReplyDelete
  4. iya, mgkn tdk semua org ya... hehe

    ReplyDelete
  5. Aku mirip sama ibuq aku juga gitu sekarang aku bertengkar terus sama ibuku padahal udah nikah setiap berdiskusi ujung2nya malah ribut ibuku kalau di ajak berpendapat ujung2nya ribut aku rasanya pengen tinggal di luar kota saja biar nggak ada pertengkaran dan masa bodi masalah keluarga ibuku nurutnya sama omongan org omngn anak sendiri kadang di abaikan dan ya gt lah kadang aku menyesal kenapa aku tidak pergi jika ibuq sudah mulai ngotot kan aku juga ikutan ngotot jdi tidak perpanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebagai anak kita ngalah aja mbk, meskipun orangtua terkadang salah tapi kita tidak boleh melawannya, mengalah demi mendinginkan suasana, atau tinggalkan sebentar, mungkin cara komunikasinya yang salah. Banyakin sabar aja ya mbak... :)

      Delete
    2. Fakta 😢aku mirip sekali dngan ibuku.. Kalau beda pendapat slalu ujungnya bertengkar.. Parahnya sampai aku sdh menikah. Setiap semua yg terjadi slalu aku yg disalahkan... Kdng aku hanya bisa diam. Sabar. Dan terkadang sampai menangis 😭😭mau melawan pun pasti langsung dicap durhaka dan makin memanas... Lebih2 nya lagi ..krna aku masih tinggal sama ibu aku.. Sampai kadang kesalahan suami ku.. Pun masih dibela.. Dan sering aku yg disalahkan.. Kadang lebih perhatian ke suami ku dibanding ke aq... Rasanya aku lebih merasa seperti tinggal dirumah mertua ku bukan dirumah ibuku sendiri... Setiap hari seolah2 aku ini manusia paling salah.. Dimatanya... Sampai suatu ketika yg buat aku sakit hati. Dan tak pernah lupa ketika.. Aku dan suamiku bertengkar hebat. Sampai suami ku memukuli ku... Tapi akhirnya ketika ibuku mengetahui nya.. Bukan menasehati .atau menegur suami ku malah aku yg disalah. Dimarah i.. Ya allah enth lah ..aku hanya bisa sabar.. Dngn sifat ibuku

      Delete
  6. Aku jga gtu tapi kok aku beda ya ma yg lain..aku punya anak cewek mukanya mirip sama aku...baru berumur 3 minggu sakit2xan trus kalau dekat aku pasti nangis...pertma aku gak terima karena aku gak percaya begituan...tapi melihat anakq yg nangis terus badannya pun panas gak pernah turun...terpaksaharus aku jual pada kk iparq...walau dengan berat hati karena anak prtmaq meninngal aku gak pingin anak keduaq jga seprti itu...aku liat ada yg seprti aku tpi msih bisa ngerwat anaknya tapi aku gak bisa harus bener2x di pisah kan...aku sudh berusaha sekuat tenaga tpi aku kalah karena aku sendirian...😭😭😭

    ReplyDelete
  7. Bagiku... Fakta... Anak ku mirip banget sm aku... Kami sllu brtengkar.. Dan tdk ada yg mau mengalah... Anak ku usia 6thn..kami sllu brtentangan... Kdg aku sangat sedih sekali ketika kami bertengkar... Dan itu setiap hari.. Dan di tradisi ku jg seharus ny anak perempuan yg mirip ibu nya memang harus d jual dan nnti saat menikah d tebus lg.. Cm kepada siapa aku jual anak ku?....

    ReplyDelete
  8. sedih bacanya karna relate banget sama kisah ku n mamaku yg mirip bgt aku.. aku selalu disalahkan no matter what pokoknya aku yg salah atau kami berdua sering merasa sama2 disalahkan. gabisa berkata2 apa2 semoga Allah mengerti apa yg sbnrnya aku rasakan bukan maksud mau jdi durhaka atau membangkang tapi omongan yg menusuk ke hati entah udh berapa ratus kali n rasanya sulit utk nahan ga ngejawab balik omongan meski dengan nada rendah.. :') sy Kira cm sy yang ngerasa bgni

    ReplyDelete
  9. Setelah baca artikel dan komentar ternyata banyak kejadian serupa. Saya tidak sendiri, percis seperti yg di tulis di artikel, begitu juga dengan kehidupan saya

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

lifestyle.okezone.com Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah. Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

konsultasisyariah.com Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

rmol.co Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati. Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

kabarmakkah.com Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya. Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.