Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Waspada dan Renungkanlah! Selingkuh Tidak Hanya Affair Seksual lho...

Dua orang yang terlibat percakapan yang hangat, saling mengingat satu sama lain, senang ngobrol dengannya lewat ponsel ataupun dunia maya sambil cekikikan atau senyum-senyum sendiri, rasa ingin menawarkan bantuan dan peduli bahkan sampai berdandan karena ingin terlihat cantik dan sempurna dimatanya, senang jika dipuji olehnya meski bukan pasangan secara resmi. Itu sudah bisa dikatakan selingkuh lho,,, kenapa? itu kan hanya teman dekat saja, kan tidak pernah berhubungan badan?. Lalu apakah selingkuh hanya ditandai dengan hubungan badan saja? tidak! disadari atau tidak, gambaran di atas sesungguhnya adalah affair atau perselingkuhan secara emosi dan itu bisa lebih berbahaya daripada affair seksual.

Anak Hilang Di Pusat Keramaian? Gimana Ini?

Saya punya pengalaman yang kurang mengenakkan saat membawa anak saya berjalan-jalan di mall. Saya lagi menggendong anak saya yang balita melihat-lihat di rak popok dan mainan anak. Saya merasa si abang masih ngintil di ketiak saya, dia juga ikut milih-milih mainan. Tapi ntah kenapa saat mau pindah ke rak sebelah tempat peralatan mandi bayi, saya dapati si abang yang berumur 10 tahun itu sudah tidak ada. Saya bolak balik mencari dari satu sisi ke sisi lainnya. Kebetulan saya pergi bersama adik-adik saya, tapi mereka sudah berpencar karena urusan masing-masing. Jadilah saya dan dua anak saya saja yang berada di situ.

11 Jebakan 'Batman' Penghancur Perkawinan

Siapa yang tak ingin hidup damai dan adem bersama pasangan dalam sebuah pernikahan? Kita semua pasti menginginkannya. Selalu senang dan bahagia dalam pernikahan untuk waktu yang lama, bahkan seumur hidup. Tanpa kita sadari kadang kita terjebak dalam aktivitas sehari-hari. Tapi tentunya bukan jebakan 'Batman' yang sesungguhnya ya... Jebakan itu bisa berasal dari dalam dan dari luar lo. Dari dalam bisa karena kekerasan dalam perkawinan baik fisik ataupun lisan dan dari luar bisa berasal dari perselingkuhan. Selain itu apa lagi ya?

Terbang Bersama Si Kecil? Siapa Takut!

Horeeeee.... sebentar lagi liburan... Mau ajak anak-anak liburan kemana nih moms? Mungkin ada yang mau ke Taman Mini, Dufan, ke kebun binatang, ke Jogjakarta atau ke Bali?. Mungkin ada juga yang hanya menghabiskan liburan di rumah saja menonton film kesukaan keluarga sambil menikmati hidangan istimewa?. Atau ada yang hanya kumpul-kumpul dengan keluarga sambil menikmati segelas teh hangat?. Atau barangkali ada yang mau berlibur ke luar negeri?. Wuaaaaa... kayaknya seru ya... Kemanapun itu yang penting happy long time bersama keluarga ya...
Tapi yang paling penting diskusi dulu kali ya moms, nggak banget kayaknya kalau udah rencanakan liburan tau-tau si papa nggak bisa cuti, atau udah siapain semua rupanya rencana gagal karena ada keluarga dari jauh yang malah ingin berlibur di rumah kita. Perlu juga ditetapkan rencana yang pas

Apa Bagian Tubuh Yang paling Penting?

Pertanyaan yang diajukan oleh seorang ibu kepada anaknya pada suatu sore.

"Coba jawab, bagian tubuhmu yang mana yang paling penting bagi manusia?"
"Hmmm, telinga? mata? kaki? tangan?"

"Bukan! banyak orang tuli, buta dan cacat yang masih bisa bertahan hidup walaupun tidak bisa mendengar, melihat, bicara atau melakukan apapun." 
"Lalu apa ibu?"

20 Pertolongan Pertama Kecelakaan Yang Sering Terjadi Pada Anak

Menjaga anak agar terhindar dari kecelakaan seperti terjatuh, digigit binatang atau serangga memang gampang-gampang susah lantaran ibu bisa saja teledor dalam mengawasi dan memantau anak-anaknya. Namun terkadang anak yang dijaga dengan ekstra hati-hati sekalipun tetap saja kecelakaan itu datang menghampiri anak-anak kita tanpa diduga.

Kecelakaan pada anak pada usia dini memang biasa terjadi lantaran anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar

Bagaimana Cara Agar Anak Menjadi Jenius?

Siapa sih yang tidak mau anaknya menjadi jenius? semua orang tua pasti sangat ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan jenius. Kita pasti akan menyuruh anak untuk belajar lebih lama agar bisa mengikuti ujian atau ulangan di sekolahnya karena kalau tidak nanti hasilnya akan buruk. Namun bagaimana jika anak sudah belajar mati-matian siang dan malam tapi hasil ujiannya tetap saja buruk? kita pasti berpikiran bahwa kecerdasan anak tidak tumbuh begitu saja tapi sudah bawaan dari lahir menurut gen orang tuanya. Ternyata itu pikiran yang keliru lho... Menurut ahli intelegensi Jay Gordon,M.D., dalam bukunya Brighter Baby bahwa anak  cerdas bukan hanya dari bawaan lahir saja tapi ada trik dan tekhnik ilmiah yang bisa digunakan.-

Jika Anak Memiliki Self-Esteem Yang Rendah

Ada nggak sih ibu-ibu muda seperti saya yang kewalahan memahami anaknya yang tak pernah mau berbaur dengan teman sekitarnya. Yang dia seret-seret saat bermain hanya saya. Padahal sudah ditekankan agar dia bermain dengan temannya. Tapi tetap saja saya harus duduk di atas ayunan bersama dia. Kadang sedih juga sih melihat anak di kelas sedang belajar, saat bu guru meminta anak-anak untuk mengacungkan tangan bagi siapa yang pandai menggambar, anak saya hanya diam saja di bangku kelas sementara anak-anak yang lain sudah rebutan daftar untuk mendapatkan kertas dan krayon. Anak saya bukan tidak pandai menggambar hanya dia tidak mau ikut-ikutan aktif seperti yang lain. Berharap bu guru datang ke mejanya untuk memberinya kertas dan krayon.

Bagaimana Cara Mengembangkan Self-Esteem Pada Anak Sejak Dini?

Apa itu self-esteem?

Self-esteem (harga diri) dapat diartikan bahwa penilaian individu terhadap dirinya sendiri yang sifatnya tidak diungkapkan dalam artian harga diri dapat menggambarkan sejauh mana seseorang mampu menilai dirinya sendiri sebagai orang yang memiliki kemampuan, berharga dan berkompeten serta merasa dirinya berarti bagi orang lain.


Self-esteem tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja lo, anak-anak juga memiliki self-esteem. Bagaimana cara mengetahuinya? Ada tiga cara bagi seorang anak untuk mendapatkan sumber self-esteem (harga diri) :

Allah Menyelamatkanku Dari Gigitan Ular

Kali ini aku akan menulis tentang pengalamanku sewaktu di kejar ular. Seperti janjiku kemarin di postingan "Sepenggal Kisah Dari Kandang Sapi" maka aku akan ceritakan sekarang dan membagikan pengalaman yang sangat berharga ini. Aku bersyukur karena Allah masih memberi keselamatan padaku untuk mengarungi kehidupan hingga sekarang. Jika Allah tidak menolongku,  mungkin aku sudah tidak melihat dunia ini lagi.

Pagi itu libur sekolah, sebenarnya dua jam yang lalu aku sudah mandi bersama ayah dan kakak di sumur yang berada di belakang rumah.

Rahasia Dibalik Kue Yang Tak Laku

Malam ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya waktu kecil dulu. Seperti janji saya kemarin saya akan melanjutkan cerita tentang "Sepenggal Kisah dari Kandang Sapi" yang sudah saya ceritakan pada postingan kemarin. Ada kenangan yang membuat saya menangis waktu sekolah dulu. Langsung saja ya...
Setiap pagi saya dan kakak laki-laki saya berangkat ke sekolah. Kami berangkat pagi-pagi agar tidak terlambat. Karena sekolah kami jauh dan kami harus berjalan kaki sejauh 10 km. Ibu tidak punya uang untuk ongkos sementara kami sangat ingin sekolah.

Reuni Bukan Ajang Pamer Dan Gosip

Sebentar lagi reunian, kadang ada perasaan harap-harap cemas untuk mengiyakan undangan reuni. Bener nggak sih?

Apa yang pertama kali diperbincangkan saat ketemuan di acara reuni?  tinggal dimana sekarang? apakah sudah menikah? berapa orang anakmu? suamimu kerja dimana? dan bla bla bla bla... 
Itulah  pertanyaan yang paling simple

Hati-Hati ya Moms, Maraknya Penculikan Anak

Khawatir nggak sih mom jika saat kita menjemput anak sekolah terus sampai di sekolah anaknya udah nggak ada, ditambah lagi laporan dari temannya kalau anak kita sudah ada yang menjemput tadi. Nah lho...

Saya baca dari media ada anak yang di sedot darahnya. Diculik dan dijual ke luar negeri. Diperkosa dan dibunuh lalu ketemu di tumpukan sampah. Serem kan ya,,,

Ada lagi anak balita yang dibius dan di masukkan ke dalam karung yang dilakukan oleh pemulung. Itu pemulung apa mulung anak ya?

Sepenggal Kisah Dari Kandang Sapi

Saya tidak tahu harus mulai dari mana. Semua orang pasti punya pengalaman di masa kecil. Ntah itu pengalaman pahit atau manis. Berikut saya akan menulis pengalaman kecil yang sangat berkesan hingga saat ini. saya menulis ini hanya untuk mengingat masa lalu saya yang nanti juga akan saya ceritakan kepada anak-anak saya bagaimana susahnya kehidupan emaknya dulu. Begini lo pahitnya hidup emak dulu. Nggak seperti anak jaman sekarang yang hidupnya hanya tinggal minta doang. sebenarnya nggak pingin juga sih melibatkan kehidupan anak sama seperti emaknya dulu. "Biarlah emak aja yang susah, kamu jangan..." gitu kata hati saya. Tapi nyatanya anak yang tumbuh dari tempaan pengalaman hidup yang pahit justru mampu menjelma menjadi sosok pribadi yang mandiri dan dewasa.

Cerita ini juga sebuah tamparan buat saya,

Apa Yang Kau Tanam, Itu Juga Yang Akan Kau Petik

Ada teman saya, orang tuanya kaya raya hidup mewah bergelimang harta. Teman saya ini bersaudara empat orang dua perempuan dan dua laki-laki. Mereka kakak beradik disekolahkan tinggi-tinggi sampai ke luar negeri. Bisnis mereka lancar dan sukses. Ibunya cantik dibalut manja dengan sandangan yang harganya sangat mahal. Teman saya juga.

Setelah menikah teman saya ikut suaminya ke luar daerah jauh dari orang tuanya. Kakak perempuannya juga ikut suaminya ke indonesia timur setelah menikah dua tahun yang lalu. Tinggal dua adik laki-lakinya yang belum menikah dan bekerja mengurus perusahaan ayahnya.

Anakku, Hanya Ini Warisanku

Anakku...
Janganlah kau berbohong saat aku bertanya "Apakah kau sudah sholat?"
Janganlah kau membantahku saat aku menyuruhmu untuk sholat di awal waktu
Jangan kau tutup pintu saat aku ingin memastikan wudhumu sempurna
Jangan kau pura-pura tuli saat aku memintamu agar sholat dengan khusyuk dan tidak tergesa-gesa
Jangan kau marah saat aku berusaha mengingatkan jam mengajimu
Jangan kau keberatan saat aku memintamu berlatih puasa
Jangan kau lari dan bersembunyi ketika aku ingin mendengar hafalan ayat-ayatmu
Jangan kau tutup kupingmu saat aku menegurmu yang sedang tidak sopan pada orang tua
Jangan kau berkata tidak adil padaku saat aku memperhatikan adikmu
Dulupun saat kamu kecil aku juga memperlakukanmu sama dengan adikmu sekarang
Jangan kau melawanku saat aku berusaha menasehati dan mendidikmu menjadi anak yang soleh

Jangan Menyerah, Dorong Terus!

Alkisah ada seorang ibu yang mempunyai seorang anak laki-laki yang baik, jujur, penurut dan patuh. Namun sang anak sepertinya terlalu lemah, gampang sekali putus asa dan mudah menyerah. Maka suatu hari sang ibu memanggilnya.
"Nak, bolehkah ibu memberimu sebuah tugas?"
"Tugas apa itu ibu?"

Ingin Dicintai Atau Tidak? Tanyakan pada diri sendiri

Benarkah cinta mampu mengalahkan segalanya? jika benar, tapi kenapa ada banyak pernikahan yang berakhir dengan perceraian? bahkan ada yang menciptakan konflik berkepanjangan dalam perceraiannya. Seolah dia lupa bahwa dulu mereka adalah sepasang manusia yang saling mendamba dan mencinta.
Mengapa dan bagaimana manusia itu bisa saling mencinta? Saling tertarik satu sama lain? apa yang menarik? bentuk fisik? harta?

Kisah Nyata Yang Mengharukan "Kejora, Anak Kandung Yang Ditirikan #1#"

'Kejora' itu adalah nama seseorang yang pengalaman hidupnya akan saya tulis di sini. Kisah nyata ini membuat saya tak habis pikir dan bertanya dalam hati "adakah seorang ibu yang tega berbuat seperti ini pada anak kandungnya sendiri?" Semoga kita dan khususnya saya dapat mengambil hikmah dari cerita ini.

Kejora adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia anak perempuan sendiri. Dua kakaknya laki-laki. Ketika Kejora berumur 9 tahun. Ibunya mengadopsi seorang anak perempuan yang diberi nama Mentari. Mentari diasuh sejak berumur satu tahun.

Orang tuanya juga tidak pernah memanjakannya. Kejora mulai merasakan sesuatu yang aneh tentang ibunya. Kejora merasa diperlakukan tidak adil oleh ibunya. Bagaimana tidak, Kejora sering dimarahi karena sepulang sekolah tidak langsung mencuci piring  dan dikata-katai kasar oleh ibunya. Bahkan pernah ibunya menjambak rambut Kejora lalu menariknya ke atas dan dihempaskan ke lantai lalu ditarik lagi dihempaskan lagi sampai beberapa kali…

Bermain 'Alek-Alek' Lebih Keren Dari Gadget

Ada yang tahu bermain 'alek-alek' itu apa? kalau di kampung saya Padang, 'alek-alek' itu adalah bermain 'masak-masakan'. Sudah pada tahu kan? Yang namanya bermain masak-masakan tentu identik dengan permainan anak perempuan.
Anak saya dari umur empat bulan, sudah saya kenalkan dengan benda ini. Meskipun waktu itu dia hanya akan menggigit dan memasukkan benda itu ke mulutnya. Sambil terus saya awasi dan saya arahkan dia jadi faham dan mengerti apa fungsi dari benda-benda itu. Sampai sekarang dia sudah mahir dan sangat menguasai setiap seluk beluk penggunaannya.

10 Cara Untuk Melupakan Masa Lalu

LUPAKAN MASA LALU

Pernahkah merasa, sudah berusaha setengah mati untuk melupakan segala kenangan, baik manis maupun pahit yang pernah anda lewati dulu bersama mantan? Tapi sampai sekarang belum berhasil?
Jika pernah, saya juga pernah. Apalagi melupakan kenangan yang berkaitan dengan percintaan. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kenapa? alam bawah sadar kitalah yang mengendalikan semua itu. Lalu bagaimana caranya? apa yang harus kita lakukan?

Sudah Benarkah Kita Mendidik Dan Membesarkan Anak-Anak Kita?

YUK PARA ORANG TUA, KITA BERBENAH
Manusia berkarakter semakin lama semakin langka kita temukan. Dan untuk beberapa tahun ke depan, anak-anak kitalah yang akan hidup di masa nanti. Bagaimana kita akan membentuk anak kita menjadi manusia yang berkarakter baik jika kita sebagai orang tuanya tidak mendidik mereka dengan baik. Sekarang saja sudah banyak kita temui anak muda dan remaja berkelakuan buruk, padahal orang tuanya sudah mendidiknya dengan menyekolahkan di sekolah terbaik sampai perguruan tinggi. Papa saya sering mengatakan "Anak zaman sekarang semakin berpendidikan semakin seperti tak berpendidikan. Semakin tinggi sekolahnya malah semakin tak punya iman dan moral".

Moms, Yuk Ajak Si Kecil Bermain Gelembung

BAYI SUKA GELEMBUNG
Semua bayi di dunia ini sangat menyukai gelembung. Apapun bentuknya, mengapa?

Karena gelembung mempunyai daya tarik tersendiri baginya. Oleh karena itu, saat bermain di luar, dudukkan bayi di atas bangku kemudian dengan menggunakan alat pencipta gelembung sabun, tiupkan gelembung-gelembung itu ke sekelilingnya. Lihatlah bagaimana cerianya dia ketika memandang dan berlari mengejar hujan gelembung itu. Sambil sesekali mengamati gelembung itu meletus saat bersentuhan dengan tangannya. Kemudian dia berusaha mengambil dan menggenggam gelembung itu dan lihat ekspresinya saat gelembung itu tidak ada dalam genggamannya.

10 Alasan Harus Mempertahankan Hubungan Atau Mengakhirinya

Anda Bingung? Ingin Lanjut Atau Putus?
Anda bingung harus meneruskan atau memutuskan hubungan? jika ya, anda tidak sendiri karena hampir semua perempuan mengalami hal yang sama. Ini adalah keputusan yang terpenting dalam hidup anda. Segera tentukan sekarang juga.
Berikut ada 10 alasan kenapa anda harus mempertahankan hubungan dan ada 10 alasan juga anda harus memutuskan hubungan.

Banggakah Menjadi Ibu?

Ibu. Apa arti ibu? Ibu yang mengandung dan melahirkan. Ibu yang merawat dan menyusui siang dan malam tanpa kenal lelah. Ibu yang selalu menjaga keluarga dari bahaya dan senantiasa berkorban demi buah hatinya. Ibu yang mendidik seorang anak menjadi soleh, sukses dan mandiri.
Adakah predikat yang lebih baik dari ibu?

Bahagia Itu Sesederhana...

Pernahkah kita melihat orang kaya tapi selalu saja mengeluh? punya rumah mewah, mobil bagus, beberapa butik dan suami yang punya pekerjaan mapan? tapi selalu was-was saat mobilnya parkir atau masuk garasi. Takut di ambil orang, takut lecet dan bla bla bla sebagainya. Takut butiknya di bobol maling. Takut rumahnya di congkel saat sedang tidak di rumah. Lalu untuk semua itu mereka mencari satpam terbaik dan membayarnya mahal untuk menjaga harta kekayaannya.

Bunda, Pulanglah... Aku Rindu....

Sebut saja namanya Sari, dia menikah dengan seorang lelaki yang tampan dan berhati baik bak malaikat. Dia mempunyai seorang anak dari pernikahannya itu. Hati malaikat dari sang suami tiba-tiba berubah menjadi petaka. Perpisahan itu terjadi di awal pernikahan karena sifat sadisme yang dimiliki suami dalam berhubungan. Perjuangannya  dalam melawan rasa sakit karena perpisahan itu sangatlah panjang dan berat. Dia melalui semua cobaan, dimulai saat dia hamil tanpa didampingi suaminya, melahirkan, dan merawat sendiri buah hatinya. Lalu atas tuntutan dari hatinya sendiri untuk tidak ingin menggantungkan hidup dengan orangtuanya. Dia terpaksa pergi meninggalkan anaknya yang masih kuat menyusu karena baru berumur delapan bulan untuk bekerja di luar kota. Dan menitipkan anaknya pada sang nenek.

Suamiku, Dulu Kau Memilihku, Kini...

Ada banyak suami yang tidak bertanggungjawab. Tidak memberi perhatian dan kasih sayang juga tidak sedikit yang meninggalkan sang anak tanpa dinafkahi sedikitpun. Meninggalkan anak dan istrinya hanya untuk menuruti ego dan ambisinya. Padahal apalah kesalahan  seorang anak? dia tak pernah minta dilahirkan ke dunia. Dia juga tidak pernah minta dilahirkan dari benihmu. Tapi dia dititipkan oleh Allah ke dalam rahim istrimu agar kau jaga dan lindungi, sayangi sepenuh hatimu. Sebagai wujud kau mampu mengemban amanah yang di titipkan padamu. Dan ketika istrimu mengandung bagian dari dirimu, mengandung dalam keadaan yang sulit dan semakin sulit, Pantaskah kau sia-siakan?

cerpen "Surat Cinta Untuk Ayah"

Surat Cinta Untuk Ayah… Namaku Rifky, umurku 10 tahun, aku bersekolah di salah satu sekolah swasta di kotaku. Aku tinggal bersama ibu, kakek dan nenek. Di belakang rumahku ada sebuah sungai besar dan airnya jernih. Masyarakat  di sini masih ada yang mandi dan mencuci  di sungai meski sudah ada PDAM. Teman-teman sebayaku juga banyak yg mandi sambil bermain di sungai. Hanya ibuku saja yang selalu melarangku untuk tidak main di sungai. Takut hanyut katanya, maklumlah aku adalah satu-satunya anak ibu. Sehari-hari ibu bekerja  membantu nenek menjual makanan. Karena kakekku sudah tidak bekerja lagi dan sekarang lagi sakit. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, kami dibantu oleh paman, adik Ibuku.