Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Agar Anak Menjadi Jenius?

Siapa sih yang tidak mau anaknya menjadi jenius? semua orang tua pasti sangat ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan jenius. Kita pasti akan menyuruh anak untuk belajar lebih lama agar bisa mengikuti ujian atau ulangan di sekolahnya karena kalau tidak nanti hasilnya akan buruk. Namun bagaimana jika anak sudah belajar mati-matian siang dan malam tapi hasil ujiannya tetap saja buruk? kita pasti berpikiran bahwa kecerdasan anak tidak tumbuh begitu saja tapi sudah bawaan dari lahir menurut gen orang tuanya. Ternyata itu pikiran yang keliru lho... Menurut ahli intelegensi Jay Gordon,M.D., dalam bukunya Brighter Baby bahwa anak  cerdas bukan hanya dari bawaan lahir saja tapi ada trik dan tekhnik ilmiah yang bisa digunakan.-


Berikut beberapa cara ilmiah terbaru untuk meningkatkan IQ, ingatan dan keterampilan berfikirnya :

  1. Berikan nutrisi yang baik sejak di dalam kandungan. Banyaklah makan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan asam amino seperti telur, daging ayam. daging sapi tanpa lemak, bayam, kangkung, brokoli, kacang-kacangan dan polong-polongan.
  2. Ajak bayi bicara sejak dalam kandungan. Saat bayi mendengar ucapan ibunya maka bayi akan menjawabnya dengan memberikan gerakan dan tendangan pada perut ibu. Jangan lupa mengelus-elus perut saat dia berusaha menendang sebagai bentuk perhatian ibu pada bayinya.
  3. Berikan ASI ekslusif pada bayi. tidak ada yang menandingi kandungan gizi yang terdapat pada ASI walaupun bayi diberi susu formula dengan merk dan harga yang paling bagus sekalipun di dunia ini. Tetap ASI yang terbaik.
  4. Ajarkan bayi untuk mengenal lingkungan alam sekitar sambil diperkenalkan dengan kupu-kupu, bunga, lebah, dan biarkan dia berinteraksi dengan banyak orang.
  5. Berikan makanan yang bergizi sejak bayi. Berikan makanan yang mengandung zat asam lemak omega 3 dan omega 6 yang terdapat pada ikan, ayam, kuning telur dll.
  6. Ajak Bayi bicara dengan bahasa bayi. Selama ini para ahli justru menyarankan agar ibu-ibu tidak bicara dengan bahasa bayi dikhawatirkan bayi akan mengalami keterlambatan bicara, namun baru-baru ini para ahli justru menemukan kebalikannya.
  7. Bermain musik. Saat bermain musik anak akan terlatih untuk mengikuti irama musik, memproses bahasa, penalaran dan keterampilan dalam waktu bersamaan.
  8. Berikan sarapan yang bergizi. Anak-anak yang diberi sarapan akan mempunyai tingkat konsentrasi yang lebih baik dari pada anak yang tidak sarapan karena aliran glukosa yang stabil ke otak memberikan sumber energi yang lebih tahan lama dan otakpun akan bekerja dengan prima.
  9. Berikan seiris buah saat anak pulang sekolah dan seiris lagi setelah mengerjakan PR. Karena gula dalam buah mudah dirubah menjadi glukosa sebagai bahan bakar utama untuk otak sehingga dapat membuat anak bisa mengingat informasi lebih lama dan lebih jelas.
  10. Biarkan anak bermalas-malasan sebentar untuk sekedar menonton tv atau berlarian di depan rumah. Karena jika anak terlalu banyak mendapatkan informasi/pengajaran maka otaknya menjadi hiperstimulated dan dapat menghilangkan semua manfaat belajarnya.
  11. Gunakan teknik membaca baru dengan membaca berpasangan yaitu anak dan ibunya membaca dengan suara yang keras dan dilakukan berulang-ulang selama 20 menit. lagi pula membaca berpasangan ini adalah metode belajar bebas stres, baik digunakan pada anak 4-12 tahun.
  12. Berikan pijatan dan pelukan. Anak-anak yang mendapat pijatan dan pelukan yang lama setiap hari maka semakin banyak sel-sel otaknya yang terangsang sehingga synapses otak menjadi lebih kuat, lebih cepat dan IQ pun meningkat.
Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan jenius ya,,, 


puji saputri
photo by : babylonish.com

Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Punya Wajah Mirip Orangtua, Selalu bertengkar. Mitos atau fakta?

Punya wajah yang mirip atau hampir mirip dengan wajah orangtua, baik ibu atau ayah mengakibatkan kita selalu bertengkar, benar nggak sih? Saya termasuk anak yang punya wajah mirip sekali dengan ibu saya. Orang-orang selalu mengatakan bahwa saya adalah fotokopi ibu. Apalagi jika bertemu dengan teman lama ibu, mereka selalu bilang "Kamu mirip sekali ya, persis seperti waktu ibumu masih gadis dulu."