Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2017

Cewek Kalem Atau Cewek gaul, Pilih mana?.

"Punya cewek kalem itu membosankan!" itulah kalimat yang dilontarkan adikku sepulang dari aktifitas di luar sana. Ntah apa yang sedang menimpa dirinya sehingga dia bisa berpikiran seperti itu. Setelah selidik punya selidik ternyata dia bosan karena selama bersama dengan pacarnya hanya melakukan kegiatan yang itu-itu saja. "Nggak ada variasi kak" itu katanya. Bener nggak sih cewek kalem itu membosankan?

Punya Wajah Mirip Orangtua, Selalu bertengkar. Mitos atau fakta?

Punya wajah yang mirip atau hampir mirip dengan wajah orangtua, baik ibu atau ayah mengakibatkan kita selalu bertengkar, benar nggak sih? Saya termasuk anak yang punya wajah mirip sekali dengan ibu saya. Orang-orang selalu mengatakan bahwa saya adalah fotokopi ibu. Apalagi jika bertemu dengan teman lama ibu, mereka selalu bilang "Kamu mirip sekali ya, persis seperti waktu ibumu masih gadis dulu."

Jadilah Mempesona Dengan Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri merupakan hal yang mendasar dalam hidup kita. Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak salah jika kita ingin seperti orang yang kita kagumi. Namun harus diingat bahwa setiap manusia punya keunikan dan keistimewaan yang kadang tidak kita miliki. Namun jangan memaksakan keinginan karena sadar atau tidak, keinginan itu sering menguasai pikiran kita sehingga kita akan berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginan itu agar kita bisa menjadi seperti orang itu. Yang pada akhirnya kita hanya akan kehilangan jati diri kita yang sesungguhnya hanya karena meniru figur atau sosok orang lain yang notabene nya belum tentu cocok dengan diri kita.

"Horeeeee... Aku Masak Rendang"

"Horeeeee.... aku masak rendang" Begitu reaksi anak saya Gendis saat dia bertanya kenapa saya terlihat sibuk di dapur. Dan dengan sangat antusias dia membantu mengupas bawang. Tapi apalah yang bisa dilakukan bocah berusia 3 tahun itu selain hanya menambah kerjaan saya saja, hahahaha... Bicara soal rendang, rendang memang makanan favorit keluarga saya. Rendang merupakan makanan terlezat nomor satu di dunia yang digelari oleh CNN Internasional pada tahun 2011. Rendang atau randang merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang diolah sedemikian rupa dengan aneka bumbu dan rempah-rempah yang menjadikan rendang memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Rendang berasal dari daerah Minangkabau dan kita bisa menemukan rendang di seluruh rumah makan Padang di seluruh dunia. Kelezatan rendang sudah sangat populer sampai ke mancanegara. Selain itu rendang selalu menjadi menu utama dalam setiap upacara adat di Sumatera Barat.

Menikah lebih dari satu kali, bukan berarti berkepribadian buruk

Dalam pernikahan, suami menjadi pemimpin dalam rumah tangga. Dan seorang  istri menjadi pendamping yang akan selalu menjaga kehormatan rumah tangganya.
Pengorbanan seorang suami sangatlah besar. Tidak hanya soal nafkah tapi juga kelangsungan sebuah pernikahan. Bagaimana rumah tangga bisa aman, nyaman dan tentram. Dan keberadaan seorang istri tidak bisa disepelekan begitu saja. Ibarat kata pepatah "istri itu adalah jantungnya rumah, jika jantungnya sakit maka sakit jugalah seisi rumah".

Miniatur Rumah Dari Kardus Bisa Jadi Kado Spesial Untuk si Kecil Kreasi Bunda Puji

Hai hai hai,,, apa kabar bunda semua? Semoga baik hendaknya ya... Aku lagi seneng banget nih, dan bermaksud berbagi ide dengan bunda semua. 
Ceritanya aku kemarin lagi bingung menghadapi mainan anakku si Gendis yang berserakan di lantai. Barusan diberesin, udah berantakan lagi. Kenapa tidak! Gendis suka sekali main rumah-rumahan, masak-masakan plus dengan boneka-boneka kesukaannya. Nggak cukup dengan mainan dia aja, kain, selendang, sepatu bunda juga ikut keluar dari persembunyiannya.

Jodoh Pilihan Ayahku Ternyata Yang Terbaik

Aku masih ingat 19 tahun yang lalu saat aku menolak untuk dijodohkan dengan seorang lelaki yang umurnya terpaut 15 tahun diatasku. Sebut saja namanya Dadang.
"Bagaimana rasanya jika nanti aku harus tidur dengan laki-laki yang tidak aku cintai, Pa!"

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Jangan Rebut Suamiku

Rumah tangga mana yang tak pernah diterpa angin? Masih mending jika anginnya sepoi-sepoi, setidaknya masih bisa merasakan sejuk, paling parah ya masuk angin. Tapi bagaimana jika anginnya mulai dari angin kencang, angin ribut, topan, badai, angin puting beliung dan tornado. Belum lagi jika disertai petir dan halilintar, pohon tumbang yang mampu menghancurkan rumah. Wah bisa jadi petaka kan?

Seperti cerita saya ini, Cerita nyata seseorang yang tak bisa saya sebut namanya di sini. Dan mungkin saya tidak akan menceritakannya terlalu detail. Hanya bagian yang penting-penting saja karena saya juga tidak sampai hati menuliskan cerita ini. Antara percaya atau tidak tapi kenyataannya memang inilah yang terjadi.

Jika Suami Pergi Dengan Wanita Lain, Mohonlah Kepada si Pemilik Hatinya

Setelah menikah, seorang suami merasa bahwa dia telah memiliki istrinya dan seorang istri merasa bahwa dia telah memiliki suaminya. Padahal keyataannya tidaklah demikian, suami, istri dan semua yang kita miliki di dunia ini hanyalah sesuatu yang dititipkan Allah pada kita. Semua yang kita miliki di dunia ini hanya titipan. Diberi  suami ganteng, baik, kaya, itu titipan Allah. Punya istri cantik dan solehah, itu titipan. Punya anak, itu titipan. Punya harta benda, itu titipan. Dan yang namanya titipan, kita harus siap jika sewaktu-waktu semua itu diambil oleh pemiliknya.

Allah Mempertemukanku Dengannya Melalui Facebook

Sosial media saat ini tidak hanya dapat memberikan kita informasi penting yang kita butuhkan tapi ternyata juga bisa memberikan sesuatu yang lebih penting dari informasi apapun. Apa itu? jodoh! yakin bisa ketemu jodoh melalui dunia maya? Cerita ini mungkin bisa menginspirasi buat kamu yang sedang merajut kasih dengan seseorang melalui dunia maya atau bingung karena belum yakin atau merasa tidak percaya bahwa jodoh bisa datang dari sini. Atau bagi kamu yang sekarang sedang berbahagia karena menemukan jodohnya lewat facebook. Simak cerita berikut ini ya...

Puasa Saat Hamil? Kenapa Tidak!

Berpuasa saat hamil? Meskipun islam memberi pengecualian pada ibu hamil dan menyusui agar boleh tidak berpuasa, namun jika kondisi ibu hamil sehat dan mampu untuk berpuasa kenapa tidak?
Banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah-muntah disertai badan yang lemah sehingga tidak memungkinkan untuk berpuasa. Ada yang muntah terus setiap waktu, ada yang muntah kalau perutnya tak diisi makanan. Ada juga ibu hamil yang tak mengalami muntah sama sekali.

Makanan Mempermudah Kehamilan

Sebelumnya saya sudah bahas makanan yang dapat menyulitkan terjadinya kehamilan. Kali ini saya akan bahas makanan yang dapat menyuburkan kandungan dan mempermudah terjadinya kehamilan.
Masih ingat nggak ketika orang tua kita dulu sering bilang "Banyak-banyaklah makan tauge agar bisa punya banyak anak". Ternyata nasehat kuno itu ada benarnya juga lho... Karena tauge dapat meningkatkan kesuburan. Tauge mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

Makanan Penyulit Kehamilan

Hamil dan punya anak adalah satu jalan yang akan dilalui wanita dewasa setelah menikah, Namun bagaimana jika wanita belum juga hamil meski sudah bertahun-tahun menikah? Banyak  diantara wanita yang melakukan terapi atau mengikuti program kehamilan demi datangnya si buah hati. Jika sudah berusaha namun tak juga berhasil, mungkin ada hubungannya dengan pola hidup yang kurang sehat atau bisa jadi faktor makanan juga lho...

Aku Menyesal Tak Menerima Pinangannya

Ketika muda dulu, ketika ada seorang lelaki yang melamar, pernah nggak sih menolak karena alasan kita masih muda, tidak suka, tidak cinta, belum mapan dll. Namun seiring bertambahnya usia kita menyesal karena melihat orang yang dulu pernah kita tolak ternyata hidupnya lebih baik dari kita. Punya kemapanan dan hidup serba berkecukupan. Sedangkan kita hidup sederhana dan biasa saja. Siapa yang pernah mengalami kejadian serupa seperti itu? Jika pernah berarti kita senasib karena saya juga pernah mengalaminya.

Roda Itu Berputar, Lalu Apa Yang Disombongkan?

Bicara soal kehidupan, kehidupan itu seperti roda yang terus berputar. Tidak selamanya kita berada di atas, dan tidak selamanya pula kita berada di bawah. Semua ada masanya, semua ada waktunya. Jadi jangan sombong ketika berada di atas, dan jangan sedih ketika berada di bawah. 
Dan bicara soal kesombongan, sombong itu identik dengan sifat yang suka pamer, merendahkan dan merasa lebih segala-galanya. Punya pangkat, punya jabatan, punya ilmu, punya harta dan kemewahan, punya pasangan yang keren, punya anak-anak yang pintar, dan apapun itu sebenarnya itu semua milik siapa? semua milik Allah SWT, dan kita hanya dititipkan sementara waktu. Dan kita harus siap saat Allah mengambilnya kembali. Dan kita tak pernah tahu kapan Allah akan mengambilnya.

Ketika Ditaksir Bos

Disenangi bos atau atasan? siapa yang tidak mau? sebagai karyawan, bekerja dengan nyaman dan mendapat perhatian lebih dari bos bisa berujung pada naiknya prestasi atau jabatan dengan mudah tanpa harus menunggu lama. Namun bagaimana jika bos yang menyukai adalah bos yang sudah beristri? Dan perhatiannya tidak sekedar antara atasan dan bawahan tapi sudah menjurus pada cinta? hohohoho... apa yang harus dilakukan?

Ketika ditaksir bos, bagaimana reaksimu? Senangkah, bahagiakah, atau malah musibah?
Saya punya pengalaman ketika masih bekerja. Waktu itu saya memutuskan pindah kerja karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja yang lama dan berharap lingkungan kerja yang baru ini lebih baik. Saat saya diterima dan bertatap muka dengan bos baru itu secara langsung semua masih biasa saja. Yah... seperti atasan dan bawahan sebagaimana mestinya. Dimana rasa takut dan gerogi memasuki lingkungan kerja yang baru membuat saya terkadang kikuk dan butuh adaptasi yang luar biasa.

Beberapa minggu b…

Maafkanlah... Jika Persahabatan Ini Harus Berakhir Sampai di Sini

Pernah nggak sih punya sahabat? pasti semua orang pernah punya sahabat. Ntah itu bersahabat dengan anak muda, orang tua, laki-laki atau perempuan. Namun bagaimana ceritanya jika kita bersahabat dengan suami orang? atau dengan istri orang lain? Apakah boleh bersahabat dengan lawan jenis yang ternyata merupakan suami atau istri seseorang?

Seberapa Sulitkah Mencintainya?

Jika bicara soal cinta, pasti semua manusia di muka bumi ini pernah merasakan jatuh cinta. Kenapa tidak? Cinta adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan pada umatnya.

Kita lahir karena cinta, dibesarkan oleh cinta, menikah karena cinta dan menua juga karena cinta. Apapun yang kita lakukan semua karena cinta.

Tapi ada lho yang merasa sulit untuk jatuh cinta? Kenapa? Ini mungkin bentuk pengecualian dari seluruh definisi cinta yang pernah ada.

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Ini 10 Langkahnya...

Pernikahan yang bahagia ternyata tidak bisa didapat secara instan lho... butuh usaha yang maksimal juga. Kadang suka iri lihat teman yang bahagia bersama pasangannya. Kalau dilihat nyaris tak ada konflik. Kalaupun ada hanya sekelumit masalah yang mampu mereka selesaikan dengan berujung kebahagiaan.
Ternyata ada langkah-langkahnya juga lho... Saya bagi rahasia mereka pada kamu semua. Untuk membantu usahamu demi mendapatkan pernikahan yang bahagia. Ini bukan hanya untuk para istri saja, tapi juga buat para pak suami yang ingin pernikahannya bahagia sampai akhir.

Ukhty, Cantikmu Bukan Hanya Hijabmu

Islam memang memerintahkan para wanita untuk menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh. Selain untuk menutup aurat, menjaga diri agar tidak diganggu dan membedakan wanita muslim dengan wanita kafir.  Dan itu hukumnya wajib bagi setiap wanita muslim tanpa kecuali. Jika tidak dikerjakan mendapat dosa dan bila dikerjakan mendapat pahala.
Dahulu mungkin menggunakan hijab dianggap kuno dan kampungan tapi kini seiring perkembangan zaman maka para wanita tidak perlu lagi merasa khawatir dikatakan kuno karena penggunaan hijab sudah mengalami banyak perubahan menjadi hijab modern.
Dan saat ini banyak sekali kita melihat para wanita berlomba-lomba untuk tampil syar'i dengan aneka hijab yang beraneka warna dan bermacam-macam gaya dan model. Apakah penggunaan hijab modern itu sesuai dalam syariat islam?

Ketika Keseriusanmu Dipertanyakan

"Dik, besok aku ke rumahmu ya"
"Kenapa mas?"
"Aku mau ketemu sama orangtuamu"
"Yakin sampeyan mas?"
"Iya, lebih cepat lebih baik. Aku ingin hubungan kita segera dihalalkan"

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Sebenarnya Dia Kenapa Sih?

Sebenarnya dia kenapa sih? itu adalah pertanyaan yang sering muncul di pikiran istri ketika melihat suaminya bersikap tidak seperti biasanya. Contohnya dalam percakapan berikut ini :

Nasib Bunga di Tepi Jalan

Wanita sering dilambangkan dengan bunga karena keharuman, keindahan dan kecantikannya. Bunga yang indah bertebaran di taman bunga membuat semua mata terpukau oleh keindahannya. Ada yang memetiknya lalu menyimpannya di balik lembaran buku hingga bertahun-tahun lamanya. Ada yang memetiknya untuk dijadikan hiasan kamarnya. Ada yang hanya sekedar menciumnya lalu pergi. Ada yang memetiknya lalu mencampakkannya begitu saja. Ada yang bersusah payah memetiknya hingga terluka karena saking indahnya bunga itu dan kemudian dia membuangnya karena caranya memetik bunga dengan kasar membuat kelopak bunga itu rusak dan tak berbentuk lagi. Sebaik-baik bunga adalah bunga yang tumbuh di tepi jurang, Orang hanya akan memandangnya saja dari kejauhan dan takut mengambilnya karena tak ingin terjatuh atau bunga itu rusak.

Jangan Dulu Bilang Cinta Jika Tak Mengerti Tentang Ini

Begitu banyak orang mencintai dan mereka yang dicintai bahagia karenanya. Banyak yang mencintai nyatanya banyak juga yang tersakiti. Banyak yang mencintai tapi faktanya banyak yang tak tahu hakekat dari mencintai itu sendiri. 
Apakah berhasil memiliki seseorang yang disenangi adalah wujud mencintai? Apakah dengan menemani sepanjang hidup itu mencintai? Apakah memberikan segalanya itu mencintai? Apakah merasa puas karena dirinya adalah mencintai? Masih banyak lagi kalimat yang harus dipertanyakan untuk membuktikan apakah itu benar-benar mencintai?

Ayah, Aku Gadis Kecilmu Yang Kini Sangat Merindukanmu

Ayah...
Dimana engkau sekarang?
Aku sangat merindukanmu

Ayah...
Kau mungkin tak mengenal rupaku
Aku pun tak mengetahui figur sosokmu
Tapi ada kerinduan dalam hatiku untuk bertemu denganmu

#MemesonaItu Menginspirasiku

Beberapa tahun ini aku sangat tertarik untuk memperhatikan seorang perempuan yang tinggal tak jauh dari rumahku. Persisnya dia tinggal tepat di depan rumahku. Orangnya ramah, bersahaja, anggun, keibuan, baik dan tak banyak bicara. Wajahnya manis, penampilannya sederhana dan tetap nampak cantik meski tanpa make-up. Di usianya yang tak lagi muda dia masih terlihat cantik. Dia hidup bersama dua orang anak dan juga orangtuanya.
Dia adalah wanita yang dua kali mengalami perceraian. Perceraian pertama karena KDRT dan perceraian kedua karena perbedaan prinsip. Wanita 35 tahun itu memiliki seorang anak dari pernikahan pertama dan dua anak pada pernikahan kedua. Satu anaknya dibawa oleh mantan suaminya. Mantan suaminya tak pernah membiayai hidup anak-anaknya. Jadilah wanita itu sendiri yang berjuang untuk menyambung hidup bersama kedua orangtuanya yang mulai sakit-sakitan dengan berjualan aneka kerupuk dan rempeyek. Ayahnya terkena stroke dua tahun yang lalu. Dan ibunya vertigo yang bisa kamb…

Ibu, Bapak, Sudah Saatnya Kalian Bahagia

Sebagai anak, kita pasti ingin membahagiakan dan membanggakan orangtua. Kita bahkan sampai berlomba-lomba untuk menjadi terbaik di mata orangtua. Berusaha menjadi seperti apa yang orangtua kita mau. Karena melihat orangtua kita tersenyum atas keberhasilan, kesuksesan kita, apalagi jika orangtua turut menikmati cipratan rejeki dari usaha kita. Rasanya... kita sudah bisa membanggakan orangtua. 
Tapi ada sebuah cerita nyata dimana sepasang suami istri yang berusia 60 tahun. Sampai keluar sebuah ucapan "Kita merawat dan membesarkan anak-anak kita dari kecil hingga dewasa dengan ikhlas, berharap suatu hari nanti mereka akan bahagia dan sukses. Kita selalu doakan agar mereka berhasil karena kalau hidup mereka nanti susah, kita juga ikut susah. Tapi setelah anak berhasil kita malah diperlakukan seperti pembantu"

Jangan Kau Ceraikan Istrimu Jika...

Dalam berumah tangga, cekcok dengan pasangan itu biasa. Malah kalau nggak pernah berantem rasanya kok sepi-sepi aja. Ada juga pasangan yang menjadi semakin romantis dan sayang setelah bertengkar. Ada kalanya pertengkaran itu menjadi bumbu-bumbu cinta ada kalanya pertengkaran itu menjadi bencana dalam rumah tangga. Mau yang mana? semua tergantung pilihan kita.
Dalam pertengkaran, biasanya pasangan saling beradu argumen mulai dari yang ringan sampai yang nyelekit menusuk ke hati. Tapi... ada juga yang berantem dalam diam. Ujung-ujungnya ya dapat punggung kalau lagi tidur. Setiap rumah tangga itu unik dan pasti punya ceritanya masing-masing.

Kebiasaan Baik Yang Kini Mulai Saya Tinggalkan

Dulu, ketika remaja saya paling rajin membersihkan rumah. Mulai dari kamar, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Semua tidak luput dari perhatian saya, mulai dari kaca, loteng, lantai sampai perabotnya. Ketika sekolah, saya hanya bisa membantu ibu mencuci piring dan membersihkan rumah sepulang sekolah. Hari Minggu merupakan hari bersih-bersih, star dari pagi sampai siang, istirahat sebentar lalu menyetrika dan malamnya baru bisa duduk manis. Ya, gimana lagi, memang begitu ajaran ibu saya, "Jadi anak perempuan itu jangan keset/pemalas" Maklumlah kami juga tidak punya asisten rumah tangga. Jadi semua dikerjakan sendiri. Apalagi saya adalah anak perempuan satu-satunya dari lima bersaudara. Kalau bukan saya yang melakukan siapa lagi, kakak dan adik saya mana mau membantu. Mereka hanya bermain di luar bersama teman-temannya.

Hati-Hati, Ternyata Pencetus Kanker Ada di Dalam Rumah

Dalam keseharian, kita kadang tidak pernah tahu bahwa ada perabot atau benda yang ada di sekitar kita yang dapat memicu kanker. Jika terlalu lama terpapar atau kontak langsung dengan perabot tersebut bisa menyebabkan kanker. Mungkin kita tidak merasakan gejala itu dalam waktu dekat, tapi nanti setelah bertahun-tahun atau ketika sel-sel kanker sudah menggerogoti tubuh kita yang bisa terdeteksi saat stadiumnya sudah akut. 
Tidak ada salahnya jika kita mengantisipasi sedari awal agar tidak terjadi kemungkinan terburuk. Demi kesehatan, .tidak sedikit dari kita yang rela mengeluarkan uang sampai ratusan juta demi menjadi sehat. Bukan mengobati saat sudah sakit, tapi akan lebih bijak mencegah sebelum sakit. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati?

9 Cara Mudah Jadi Keluarga Super Bahagia

Melihat sebuah keluarga yang bahagia, kadang kita jadi mikir, untuk bahagia itu nggak gampang, mesti begitulah, beginilah. Karena untuk meraih bahagia itu butuh kematangan, ntah itu mental, sarana dan prasarana atau lingkungan. Nggak semudah membalikkan telapak tangan. 
Namun ternyata bahagia itu gampang kok, ada cara agar kita bisa menjadi keluarga yang super bahagia meski tanpa usaha yang besar atau modal yang besar. Mau tau?

10 Ramuan Herbal Untuk Kecantikan

Akhir-akhir ini, banyak dilakukan metode pengobatan secara tradisional dengan mengandalkan tanaman herbal. Metode ini lebih diminati pada zaman sekarang ini. Bukan hanya karena aman dan tanpa efek samping, tapi juga mudah didapatkan.

Ingin Semua Urusan Lancar? Jangan Pelit!.

"Bagaimana mungkin kamu dibantu orang sementara kamu tak pernah membantu orang" atau "Kalau kamu nggak pernah memberi mana mungkin orang akan memberimu" Mungkin itulah sepatah kalimat yang sering dilontarkan untuk seseorang yang suka mengeluh bahwa hidupnya tidak mengalami kemajuan, mengumpat, meratapi nasib dan menyalahkan takdir. Tak mau mengintrospeksi diri sendiri dan malah menyalahkan orang lain.

Be a Good Muslimah

Banyak sekali kita melihat maraknya kejahatan dan pelecehan seksual yang dialami anak dan remaja khususnya perempuan. Tak jarang kita menjudje bahwa laki-laki tak punya iman dan tak mampu menahan syahwat. Padahal banyak kita lihat perempuan berlenggak-lenggok memakai pakaian yang kurang bahan, mempertontonkan aurat dan merasa bangga jika ada jutaan pasang mata yang melirik dan mengagumi kecantikannya. Saat disenggol eh... malah marah. Siapa yang salah sebenarnya perempuan yang tak menjaga maruahnya sebagai wanita ataukah laki-laki yang mata keranjang?

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Percuma Kamu Cantik Jika Kamu Tak Peduli Hal Yang Satu Ini

Sedari kecil saya diajarkan untuk disiplin oleh orang tua saya, baik dalam segala hal apalagi waktu dan kebersihan. Kata ibu saya "Perempuan itu kalau mau dibilang cantik, tidak hanya bedak yang tebal atau penampilan yang keren tapi perempuan yang cantik itu adalah perempuan yang pintar ngurus rumah. Percuma kamu cantik kalau rumahmu berantakan, percuma kamu cantik kalau kamar mandimu berlumut". Plak, rasanya saya merasa tertampar ketika ibu saya bicara begitu dulu ketika saya masih remaja.

Ketika Saya Mengalami Morning Sickness

Ketika seorang perempuan dewasa memutuskan menikah, rasanya sangat bahagia sekali. Itu artinya seorang perempuan harus menyiapkan mental menjadi seorang istri. Dimana setiap pekerjaan apapun yang dilakukan istri untuk suami dan keluarganya dihitung amal ibadah kebaikan. Dan ketika seorang istri mengetahui dirinya hamil, maka mulai detik itu juga seorang perempuan juga harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu.  dan pahala kebaikan demi kebaikan akan terus mengalir jika ikhlas menjalaninya.
Alangkah bahagianya jika melewati moment kehamilan dengan lancar dan menyenangkan. Namun bagaimana jika perempuan, tepatnya calon ibu harus mengalami mual dan muntah yang terus menerus dan membuat moment kehamilan terasa seperti perjuangan yang berat baik bagi si calon baby maupun bagi calon ibu. Atau yang lebih dikenal dengan 'Morning sickness'.

Pergilah, Aku Ikhlas Melepasmu

Akhirnya, hari yang selama ini aku takutkan datang juga. Hari dimana kenyataan pahit yang dulu pernah kualami dan tak ingin kualami lagi, kini terjadi sudah. Kini aku harus melepaskan semua perasaan yang pernah ada terhadapmu. Kini tiada lagi kata 'kita' yang ada hanya kata 'aku' dan 'kamu' saja. Aku harus mengubur semua impian-impian indah yang pernah kita rajut bersama dulu. Kini aku harus terbiasa hidup tanpamu. Bangun tidur tak lagi ada dirimu disisiku yang biasanya selalu menyambut pagiku dengan senyuman manismu. Ya,,, aku harus siap kehilanganmu. Meski berat tapi tetap harus kujalani.

Ingin Sukses Jadi Penulis? Inilah Rahasia dari Seorang Penulis Terkenal dan Pimpinan Editor DarMizan.

Ini cerita saya sewaktu mengikuti acara meet and greet workshop menulis beberapa hari yang lalu di Minang Book fair 2017. Bersama Kang Benny Rhamdani  seorang pimpinan editor di DarMizan dan Kak Maya Lestari GF seorang penulis, novelis sukses dan terkenal yang prestasinya tak diragukan lagi dalam dunia kepenulisan.
Acaranya sangat seru dan ada banyak keistimewaanya, pertama, ini adalah pengalaman pertama saya ikut acara keren seperti ini sejak menjadi blogger beberapa bulan yang lalu. Kedua, pesertanya juga membludak sampai sebagian ada yang duduk di karpet karena tak kebagian kursi. Ketiga, saya ketemu pimpinan editor dari DarMizan secara langsung yaitu kang Benny Rhamdani yang mau membagi ilmunya tentang tulisan-tulisan seperti apa sih yang layak terbit. Keempat saya dapat ilmu lagi dari kak Maya Lestari GF yang merupakan mentor dan teman curhat saya kalau lagi bingung untuk mewujudkan mimpi saya dalam menerbitkan novel pertama saya yang sampai sekarang masih terombang ambing di me…

Cinta Memang Tidak Memandang Apapun, Tapi Pandangan Ini Membuat Kita Tak Bisa Bersatu Dalam Cinta

Awalnya semua baik-baik saja, kau dan aku dipertemukan dalam pertemuan yang tak terduga. Di luar kuasaku, kau meminangku dan aku menerimamu. Kau baru setahun merantau dari pulau Jawa ke salah satu pulau di Riau ini. Kau tinggal bersama kakak perempuanmu. Akupun bekerja di sini sudah hampir lima tahun. Kita sama-sama menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Terlebih aku yang hanya seorang janda beranak satu, sementara dirimu masih bujang. Kita hidup dalam mahligai cinta yang diridhoi Allah, begitu indah dan romantis bagai dunia ini milik kita berdua. Aku masih ingat ketika awal cinta kita bersemi dalam sepiring ketoprak. Kau tentu masih ingat kenangan manis itu kan?

Tips Sukses Qadha Puasa

Bulan Ramadhan sebentar lagi lho, nggak terasa ya kita sudah mau puasa lagi. Tapi gimana dengan hutang puasa tahun lalu? Masih ada hutang berapa nih? 
Memang sih sejak aqil baligh perempuan memang tidak bisa melakukan puasa dengan full, pasti ada bolongnya karena tamu bulanan yang datang sebagai kodrat kita sebagai perempuan. Malah kalau nggak datang kitanya jadi panik.
Belum lagi perempuan yang harus hamil dan menyusui, dan tidak bisa memaksakan untuk tetap berpuasa, memang sih ada perempuan yang tetap masih bisa puasa meski sedang hamil dan menyusui. Tapi bagi saya yang termasuk agak rewel kalau sedang hamil, muntah terus sejak hamil sampai lahiran, gimana mau puasa? di masa menyusui juga sama, pernah saya coba puasa malah anak saya jadi diare dan kasihan badannya jadi lemes dan beratnya juga turun drastis. duh nelangsanya jadi ibu...

Finger Food Untuk Anak, Pentingkah?

Apakah makanan cemilan atau finger food itu penting bagi anak? Jawabnya tentu penting, bahkan sangat penting. Kenapa? Karena anak membutuhkan nutrisi yang tidak hanya didapatkan dari makan pagi, siang dan malam saja. Mereka membutuhkan makanan dalam porsi kecil tapi sering untuk perkembangan pertumbuhannya. Karena lambung mereka yang kecil tak dapat menampung sekaligus makanan dalam satu waktu.

Cermat Dalam Mempersiapkan Piranti Bayi

Siapa nih ibu-ibu muda yang lagi mempersiapkan kelahiran? Waah senengnya... sebentar lagi rumah jadi rame dan heboh dengan tangisan bayi. Di tambah lagi hati berbunga-bunga karena buah hati yang dijaga dan dirawat selama di dalam kandungan sebentar lagi akan keluar.
Udah siapin apa aja nih? Bagi ibu yang sudah punya anak tentu hal ini bukan hal yang baru lagi ya... Ibu bisa memakai lungsuran dari anak sebelumnya, kalaupun harus nambah paling tidak seberapa. 
Tapi bagaimana dengan ibu yang baru hamil anak pertama dan baru kali ini juga harus mempersiapkan perlengkapan bayi.

Ketika Harus Bercerai

Kadang kita suka mengatakan "Ah, artis-artis ini hobinya kawin cerai terus, heboh nikahnya, heboh juga cerainya" Padahal kenyataannya perceraian tidak hanya dialami oleh kalangan artis saja, kalangan masyarakat biasa juga banyak yang mengalaminya, hanya saja tidak terekspos karena mereka tidak terkenal.  
Perceraian memang masalah yang sangat serius dalam rumah tangga. Makanya kita memang harus memikirkannya dengan matang sebelum benar-benar serius untuk memutuskan bercerai. Kenapa? karena perceraian tidak hanya berdampak buruk bagi kedua individu saja tapi juga berimbas pada anak-anak dan keluarga.

Bantal dan Selimut Pesawat Terbang Berbahaya?

Jika berada di dalam pesawat dan dalam perjalanan yang jauh, ketika menggunakan fasilitas bantal dan selimut pesawat pernahkah terlintas dalam pikiran kita bahwa bantal dan selimut itu kotor? Kalau kondisi tubuh masih fresh dan fit mungkin bisa berfikir seperti itu. Tapi bagaimana jika tubuh sudah lelah dan mata sudah mengantuk, sementara perjalanan masih lama. Tanpa pikir panjang lagi pasti kita akan langsung memakainya. 
Kenyataannya, selimut dan bantal pesawat yang sekilas tampak bersih ternyata mengandung kuman dan kotoran.

Benarkah Air Dalam Pesawat Berbahaya Untuk Kesehatan?

Seberapa sering kamu menggunakan fasilitas air di dalam pesawat untuk minum dan menyikat gigi? sering atau kadang-kadang saja? Besok-besok lebih baik pikir dua kali sebelum memutuskan untuk menggunakan air dalam pesawat terbang atau lebih baik bawa air minum sendiri.

Duh... Si Kecil Sariawan...

Nafsu makan Gendis akhir-akhir ini menurun drastis, dia lebih sering minta dibuatkan teh manis dan minum susu saja jika merasa lapar. Ditawarkan makanan atau snack nggak mau, padahal sebelumnya dia doyan banget. Saya panik juga kenapa pola makannya jadi berubah drastis. 
Ceritanya ketika sore hari, saya memandikannya lalu menggosok giginya, saya terkejut saat dia melepeh busa pasta gigi ternyata ada darahnya. Saya terkejut lalu cepat-cepat saya selesaikan ritual mandinya. Padahal biasanya dia saya biarkan bermain air dulu beberapa lama. Tapi sore itu langsung saya belit tubuhnya dengan handuk dan saya gendong ke kamar.

15 Rahasia Cantik Alami Warisan Nenekku

Kecantikan yang alami merupakan impian setiap perempuan. Siapa yang tak ingin cantik? semua perempuan pasti menginginkannya apalagi jika cantik itu terpancar dari wajah yang polos tanpa make up. Berani tampil tanpa polesan make up? Mungkin karena saya tidak suka dandan, dan lebih suka tampil apa adanya, kalaupun pakai make up hanya tipis-tipis saja, kecuali jika ada acara penting baru saya pakai make up full.
Di samping banyaknya produk kecantikan modern yang beredar di pasaran dengan berbagai merk dan kegunaan, Perempuan kebanyakan lebih suka melakukan perawatan secara alami. Dan bagi perempuan yang sibuk tentu lebih memilih produk alami yang dikemas secara modern karena selain praktis juga tidak butuh waktu lama. 
Dan saya yang terbilang hanya kerja di rumah ngurus anak tentu punya banyak waktu untuk melakukan perawatan kecantikan secara alami dengan menggunakan bahan alami yang bisa dengan mudah saya dapatkan di rumah.