Langsung ke konten utama

15 Rahasia Cantik Alami Warisan Nenekku

cantikalamiku.com
Kecantikan yang alami merupakan impian setiap perempuan. Siapa yang tak ingin cantik? semua perempuan pasti menginginkannya apalagi jika cantik itu terpancar dari wajah yang polos tanpa make up. Berani tampil tanpa polesan make up? Mungkin karena saya tidak suka dandan, dan lebih suka tampil apa adanya, kalaupun pakai make up hanya tipis-tipis saja, kecuali jika ada acara penting baru saya pakai make up full.

Di samping banyaknya produk kecantikan modern yang beredar di pasaran dengan berbagai merk dan kegunaan, Perempuan kebanyakan lebih suka melakukan perawatan secara alami. Dan bagi perempuan yang sibuk tentu lebih memilih produk alami yang dikemas secara modern karena selain praktis juga tidak butuh waktu lama. 

Dan saya yang terbilang hanya kerja di rumah ngurus anak tentu punya banyak waktu untuk melakukan perawatan kecantikan secara alami dengan menggunakan bahan alami yang bisa dengan mudah saya dapatkan di rumah.
Kenapa saya suka yang alami karena selain aman dan tanpa efek samping, harganya juga murah dan terjangkau. Selain itu, ini juga warisan dari Almarhumah nenek saya yang diturunkan pada ibu saya dan sekarang pada saya. Dan nanti juga akan saya turunkan pada anak perempuan saya.

Meskipun tidak cantik tapi teman-teman saya banyak yang tanya "Rahasianya apa sih kok dari dulu kayak gitu aja, nggak berubah?". Masak sih? (Ultraman kali berubah) ;-,

Ini nih beberapa perawatan yang selalu saya jalankan sejak SMP sampai sekarang,  tapi sebelum melakukan perawatan bersihkan wajah dulu dengan sabun wajah ya... agar wajah bersih dari sisa debu dan kotoran yang menempel. 

1. Madu.

Oleskan madu pada wajah lalu tunggu selama 15 menit kemudian bilas. Bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit.

2. Jeruk Nipis.

Potong jeruk nipis menjadi beberapa irisan kemudian peras airnya. Taruh air perasan air jeruk nipis pada wadah. Ambil kapas dan celupkan kapas itu pada air jeruk nipis lalu usapkan pada wajah, tunggu 15 menit kemudian bilas. Berguna untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Kalau saya biasanya langsung mengoleskan potongan jeruk nipis pada wajah tanpa memerasnya terlebih dulu. Memang kulit akan terasa perih sedikit tapi nggak apa-apa kok.

3. Gula Pasir.

Ambil sesendok teh gula pasir lalu taruh dalam wadah, beri beberapa tetes minyak esensial/minyak zaitun lalu usapkan pada wajah dengan cara digosok lembut dengan gerakan memutar. Minyak esensial bisa diganti dengan madu atau air jeruk nipis. Berguna untuk menghaluskan dan melembabkan kulit.

4. Tomat.

Usap wajah dengan air tomat tunggu beberapa menit kemudian bilas. Bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

5. Alpukat.

Usapkan alpukat yang sudah dihancurkan pada wajah, tunggu 15 menit, bilas. Bisa untuk melembabkan kulit yang kering.

6. Minyak kelapa.

Untuk menghapus sisa make up atau jika sepulang dari bepergian, usap wajah dengan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak kelapa. Kalau sulit mendapat minyak kelapa, bisa diganti dengan baby oil. 

7. Putih Telur.

Oles wajah dengan putih telur, tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat. Bisa untuk menghilangkan bintik hitam dan jerawat, mencegah keriput  dan mengencangkan kulit.

8. Teh.

Bagi yang sering menggunakan teh bubuk untuk membuat teh di rumah, ampasnya jangan dibuang, bisa dipakai untuk scrub wajah. caranya cukup gosokkan ampas teh pada seluruh wajah dan leher, tunggu beberapa menit kemudian bilas sampai bersih. Bisa untuk menyegarkan wajah, mencegah keriput, dan menghaluskan kulit wajah.

9. Kopi.

Ampas kopi juga bisa digunakan, jadi jangan dibuang ya,,, caranya sama seperti teh di atas. Usapkan pada wajah seperti scrub, tunggu beberapa menit lalu bilas. Bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan wajah dan mencerahkan.

10 Wortel.

Parut wortel, usapkan pada wajah dan seluruh tubuh sebagai scrub dan lulur, kemudian mandi sampai bersih. Bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah.

11. Bengkoang.

Parut bengkoang lalu usapkan pada wajah dan seluruh tubuh sebagai masker dan lulur, kemudian mandi/bilas. Bisa untuk mencerahkan kulit wajah dan melembabkan.

12. Susu.

Beruntung jika bisa mendapatkan susu khusus untuk perawatan spa. Jika tidak ada, bisa mengunakan susu bubuk, caranya larutkan 1/4 gelas susu dengan segelas air lalu balurkan pada wajah dan tubuh, tunggu sampai kering dan mandi/bilas dengan air hangat. Bermanfaat untuk memutihkan kulit, melembutkan dan melembabkan.

13. Uap Nasi.

Jika sedang memasak nasi tentu megeluarkan uap panas. Maka arahkan wajah pada uap nasi untuk beberapa saat, pori-pori kulit akan terbuka dan rasakan sensasi panasnya, kemudian dinginkan/alihkan wajah dari uap. Jangan terlalu dekat atau terlalu lama ya... Cara ini dapat membuat kulit lembab dan bersih. Mungkin sebagian perempuan heran kenapa memakai uap nasi dan perempuan modern biasanya memakai uap dari rempah tertentu kan? Tapi saya biasa menggunakan uap nasi karena selain murah dan gampang saya juga tidak repot mencari ke pasar. Biar praktis aja.

14. Timun.

Iris ketimun menjadi beberapa potongan kemudian kompreskan pada mata. Bermanfaat untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda dan mencegah mata lelah. 

15. Pepaya.

Parut pepaya lalu balurkan pada wajah dan tubuh, sambil digosok perlahan lalu tunggu sampai setengah kering kemudian mandi/bilas.

Itu tadi beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah dan tubuh. Tentu perlu ribet dan repot sedikit untuk mempersiapkannya. Meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan di sela-sela kesibukan tidak ada salahnya kan?  Namun jika rutin dilakukan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain aman dan bermanfaat untuk wajah, kulit  juga tampak lebih bercahaya dan awet muda.

Seiring berjalannya waktu saya juga tahu bahwa ada banyak bahan alami yang lain yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan wajah dan tubuh, misalnya pisang, kentang, strawberi, anggur, gojibery, pome, dan banyak lagi yang lain tapi saya tidak/belum pernah mencobanya. Untuk perawatan dari dalam saya rajin mengkonsumsi jamu kunyir asam minimal dua kali seminggu yang saya buat sendiri atau saya beli yang instan jika tidak sempat membuatnya.

Namun saya juga selalu ingat pesan Almarhumah nenek saya yang mengatakan "Cantik yang sesungguhnya itu dari sini nduk" kata nenek sambil menunjuk dadanya. "Secantik apapun wajahmu, kalau tak pernah terbasuh air wudhu, percuma saja, karena air wudhu itu dapat membuat wajahmu bersinar tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat" tambahnya lagi. (Hiks hiks hiks... saya jadi mellow jika ingat pesan nenek ini).

Semoga bermanfaat ya...


puji saputri

Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Ketika Saya Mengalami Morning Sickness

Ketika seorang perempuan dewasa memutuskan menikah, rasanya sangat bahagia sekali. Itu artinya seorang perempuan harus menyiapkan mental menjadi seorang istri. Dimana setiap pekerjaan apapun yang dilakukan istri untuk suami dan keluarganya dihitung amal ibadah kebaikan. Dan ketika seorang istri mengetahui dirinya hamil, maka mulai detik itu juga seorang perempuan juga harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu.  dan pahala kebaikan demi kebaikan akan terus mengalir jika ikhlas menjalaninya.
Alangkah bahagianya jika melewati moment kehamilan dengan lancar dan menyenangkan. Namun bagaimana jika perempuan, tepatnya calon ibu harus mengalami mual dan muntah yang terus menerus dan membuat moment kehamilan terasa seperti perjuangan yang berat baik bagi si calon baby maupun bagi calon ibu. Atau yang lebih dikenal dengan 'Morning sickness'.