Langsung ke konten utama

Agar Tubuh Segar Berenergi Sepanjang Hari

berita2nasional.blogspot.com
Perempuan yang berusia 30 ke atas pada umumnya gampang mengalami yang namanya stres dan kurang tidur, bener nggak sih? hmmmm... mungkin ada benarnya karena perempuan seusia saya (cie... berasa tua aja) yang sudah mempunyai anak 3 pastinya seharian selalu sibuk ngurusin anak-anak. Belum lagi pekerjaan rumah yang bejibun banyaknya. Masih mending punya nanny jadi ada yang bantuin, nah kalau semua kita yang kerjakan? ampun... pusing deh pala berbi...


Pas malam waktunya istirahat kayaknya kok belum cukup juga ya,,, gimana bisa cukup lha wong nggak bisa tidur karena badan pegel semua :( tak jarang paginya mata masih males kebuka dan bawaanya juga uring-uringan sama anak, stres jadi meningkat. 

Nah bagaimana caranya agar kita tetap bersemangat melakukan aktifitas di siang hari dan malamnya dapat tidur nyenyak. karena kalau kita kurang tidur selain wajah terlihat kusam kita juga jadi tak bersemangat kan? Wajah kita yang cantik justru jadi pemandangan yang nggak mengenakkan karena cemberut melulu. Cantik-cantik kok manyun sih?

Setelah melakukan beberapa tips dari para ahli berikut, dalam waktu terakhir ini saya mulai merasakan perubahan dan tubuh juga menjadi berenergi sepanjang hari :

Mandi

Mandi dapat merelakskan otot-otot yang tegang karena kesibukan seharian. Tapi jangan mandi begitu akan tidur ya,,, mandilah beberapa jam sebelum tidur dan di saat benar-benar membutuhkan guyuran air untuk mendinginkan kepala.

Keluar Ruangan

Pergilah keluar ruangan beberapa menit sekedar untuk menghirup udara atau bermandikan cahaya menikmati hangatnya sinar matahari. Atau jika di halaman belakang/depan rumah terdapat taman dengan rumput hijau dan bunga-bunga tidak ada salahnya menikmati keharuman bunga atau menata tanaman-tanaman agar lebih terawat.

Tulis Sesuatu

Tulislah apapun yang mengganjal di hati, lepaskan semua beban di hati dalam tulisan itu, ntah itu kejengkelan sama suami, kecemasan terhadap anak-anak atau apa saja. Karena setelah menulis rasanya ada kedamaian dan ketenangan jadi tidurpun menjadi nyenyak.

Tertawalah

Stel film lucu atau nonton acara lawak yang bisa membuat tertawa. Karena tertawa dapat menenangkan sistem syaraf yang membuat pikiran jadi fresh dan semua kemarahan atau kesedihan dapat lenyap saat itu juga.

Olah Raga

Tidak mesti ke gym atau ke tempat mahal, cukup berjalan kaki beberapa menit di halaman rumah atau gang komplek dapat membuat otak awet muda dan mencegah kerusakan otak.

Makan Es Krim

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat merelakskan otot dan membuat kita lebih cepat tertidur dan tidurpun menjadi pulas.

Dengarkan Musik

Musik jazz, musik klasik, musik instrumen yang lembut dapat menghilangkan stres. Apalagi jika mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Quran yang syahdu, dapat membuat tubuh menjadi tenang, dan pikiran juga tenang.

Makan Apel

Makan apel  setiap hari karena apel dapat menghilangkan stres dan melancarkan peredaran darah ke otak. Juga baik untuk mencegah penyakit stroke.

Setelah melakukan mandi, menghirup udara segar, menulis sesuatu, tertawa, berolah raga dan melakukan saran di atas namun masih belum bisa lepas dari beban pikiran, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat ditemukan penyebab dari masalah yang ada. Jangan sampai berujung pada depresi yang dapat membahayakan kesehatan. 



puji saputri

 

Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Punya Wajah Mirip Orangtua, Selalu bertengkar. Mitos atau fakta?

Punya wajah yang mirip atau hampir mirip dengan wajah orangtua, baik ibu atau ayah mengakibatkan kita selalu bertengkar, benar nggak sih? Saya termasuk anak yang punya wajah mirip sekali dengan ibu saya. Orang-orang selalu mengatakan bahwa saya adalah fotokopi ibu. Apalagi jika bertemu dengan teman lama ibu, mereka selalu bilang "Kamu mirip sekali ya, persis seperti waktu ibumu masih gadis dulu."