Langsung ke konten utama

10 Cara Mencegah Bau Badan dan Bau Mulut

sayamausehat.com
Setiap manusia memang mempunyai bau badan (BB) dan bau mulut (BM) dengan ciri dan aroma yang khas. Hanya saja ada yang peka dan ada yang tak peka sama sekali. Beruntunglah berada di sekitar orang yang peka, Bagi yang tak peka bagaimana? orang-orang yang berada di sekitarnya merasa terganggu oleh bau badan (BB) dan bau mulut (BM) yang menyengat. Yang kadang bikin kesel, si punya badan tidak menyadari kalau dirinyalah yang menyebabkan orang-orang menjauh atau tutup hidung.

Ketika punya teman dengan bau badan (BB) dan bau mulut (BM), rasanya tak sampai hati untuk menegur atau memberitahunya bahwa dia memiliki bau tak sedap, takut dia nanti tersinggung. Tapi jika tidak ditegur, dia tak sadar-sadar dan bulu hidung kita juga sudah keriting saking tak tahan dengan baunya.


Kadang merasa jadi orang yang jahat dan sombong saat si BB dan si BM mendekat. Kalau bisa, kabur, menjauh sejauh-jauhnya karena kalau kita masih bisa nahan nafas, sampai berapa lama bisa menahannya? mending kabur aja, hiiiiii.....

Tapi bagaimana jika kita yang berada di posisinya. Dijauhi, dikucilkan dari pegaulan. Kalau saya yang diperlakukan begitu, maka saya akan introspeksi diri kenapa teman menjauhi saya, melangkah mundur ketika dihampiri, atau tutup hidung ketika bersama saya. Saya anggap itu sebuah pertolongan yang membuat saya sadar tentang kemungkinan saya mengalami BB dan BM yang tak sedap. 

Kasihan yang mencium aroma tak sedap dan kasihan juga yang menebar aroma tak sedap itu. Lagipula BB dan BM juga mengurangi pesona kecantikan kita kan?. Jika kita diputus pacar atau gagal jadian gara-gara BB dan BM kan kasihan juga...

BB itu biasanya disebabkan oleh bakteri yang bereaksi dengan keringat yang telah lama melekat pada tubuh. Kelenjar keringat yang mempengaruhi BB itu namanya kelenjar Apokrin. Kelenjar Apokrin ini mengeluarkan protein dan lemak. Dan kelenjar ini ditemukan di bawah ketiak, tepatnya di daerah pubis. Kelenjar ini mulai aktif setelah masa puber.

Berikut beberapa tips agar terhindar dari bau badan :

1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal  2x sehari. Terutama setelah beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat.
2. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama di tubuh. Jika tak sempat mandi maka bagian yang berkeringat di cuci dan dikeringkan.
3. Usahakan agar tubuh selalu sejuk. Agar keringat tidak banyak keluar maka seringlah berada di ruangan yang berventilasi cukup ada kipas angin atau ruangan ber AC.
4. Jika udara panas, gunakan pakaian yang sesuai seperti katun, hindari memakai bahan nilon karena tidak menyerap keringat dan membuat lembab.
5. Mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak bawang putih dan kari.
6. Gunakan sabun antiseptik atau antibakteri, jangan memakai sabun yang beraroma wangi-wangian bunga atau buah.
7.  Menaburkan bedak talk di area yang mudah berkeringat seperti lipatan kulit agar tetap kering.
8. Jika memang diperlukan, gunakan deodoran di bawah ketiak untuk menutupi baunya. Jangan menggunakan parfum karena parfum hanya menutupi, bukan menghilangkan penyebab baunya. 
9. Dengan bahan alami juga bisa dengan cara meremas beberapa daun sirih dan balurkan pada ketiak.
10. Atau menggunakan irisan buah lemon kemudian usapkan pada ketiak, tunggu sampai kering.

Sementara bau mulut (BM) terjadi karena banyak hal, bisa karena adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, gigi berlubang atau masalah gusi.  Penyebab bau mulut yang lain antara lain : Mulut kering, gangguan saluran pencernaan, diabetes, sinusitis, gangguan hati, merokok, infeksi saluran pernafasan, diet yang berlebihan sehingga kekurangan karbohidrat. Bisa juga karena makan atau minum yang beraroma menyengat seperti petai, jengkol dan alkohol. 

Berikut beberapa tips untuk mengurangi bau mulut.

1. Sikat gigi setiap kali selesai makan, minimal 2x sehari
2. Sering kontrol gigi karena gigi yang berlubang dapat menyebabkan bau mulut
3. Bersihkan gigi dari karang gigi yang menempel.
4. Berkumur dan meminum air rebusan daun sirih. caranya rebus 10-15 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tinggal separuhnya lalu minum selagi hangat.
5. Minum sari kunyit 2x sehari sebelum makan. dengan cara parut seibu jari kunyit lalu beri air matang setengah gelas, remas-remas, peras, saring dan minum.
6. Hindari makan makanan bersantan dan gorengan, karena dapat menyebabkan panas dalam yang bisa memicu bau mulut.
7. Buka mulut saat sedang membuang cairan hidung karena ingus yang terinfeksi dapat masuk ke rongga tulang wajah dan menyebabkan infeksi rongga tulang wajah (sinusitis).
8. Banyak minum air putih
9. Jaga pola makan dan makanlah makanan yang banyak mengandung serat, olah raga teratur agar terhindar dari konstipasi. Karena gas dari lambung atau usus dapat keluar dari mulut.
10. Jika menggunakan gigi palsu atau behel, periksakan gigi sekali enam bulan, bersihkan gigi palsu atau behel agar tidak ada sisa makanan yang menempel. dan pada malam hari gigi palsu harus direndam dalam air setelah dibersihkan. 

Karena bau badan dan bau mulut terjadi karena adanya bakteri maka kita memang harus selalu menjaga kebersihan badan dan mulut kita agar tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap. Jika setelah melakukan cara-cara di atas bau badan dan bau mulut tidak juga hilang, bisa jadi karena disebabkan ada penyakit tertentu. Ada baiknya untuk segera konsultasi atau hubungi dokter atau dokter gigi.

Semoga bermanfaat ya...


puji saputri









Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Ketika Saya Mengalami Morning Sickness

Ketika seorang perempuan dewasa memutuskan menikah, rasanya sangat bahagia sekali. Itu artinya seorang perempuan harus menyiapkan mental menjadi seorang istri. Dimana setiap pekerjaan apapun yang dilakukan istri untuk suami dan keluarganya dihitung amal ibadah kebaikan. Dan ketika seorang istri mengetahui dirinya hamil, maka mulai detik itu juga seorang perempuan juga harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu.  dan pahala kebaikan demi kebaikan akan terus mengalir jika ikhlas menjalaninya.
Alangkah bahagianya jika melewati moment kehamilan dengan lancar dan menyenangkan. Namun bagaimana jika perempuan, tepatnya calon ibu harus mengalami mual dan muntah yang terus menerus dan membuat moment kehamilan terasa seperti perjuangan yang berat baik bagi si calon baby maupun bagi calon ibu. Atau yang lebih dikenal dengan 'Morning sickness'.