Skip to main content

Be a Good Muslimah

abiummi.com
Banyak sekali kita melihat maraknya kejahatan dan pelecehan seksual yang dialami anak dan remaja khususnya perempuan. Tak jarang kita menjudje bahwa laki-laki tak punya iman dan tak mampu menahan syahwat. Padahal banyak kita lihat perempuan berlenggak-lenggok memakai pakaian yang kurang bahan, mempertontonkan aurat dan merasa bangga jika ada jutaan pasang mata yang melirik dan mengagumi kecantikannya. Saat disenggol eh... malah marah. Siapa yang salah sebenarnya perempuan yang tak menjaga maruahnya sebagai wanita ataukah laki-laki yang mata keranjang?


Sebagai seorang perempuan apalagi muslimah, sangat penting untuk menjaga diri, menjaga pandangan dan menjaga kehormatannya agar tidak diganggu dan terhindar dari fitnah. Beruntung jika perempuan mampu menempatkan diri untuk mendapatkan gelar solehah di mata Allah. Tapi setidaknya jadilah perempuan yang berusaha untuk tampil baik, sopan dan solehah dengan menutup aurat yang perintahnya sangat jelas diwajibkan pada semua perempuan muslimah. Dan perintah itu tak bisa dibantah oleh apapun. Itulah yang membuat perempuan muslim berbeda dengan perempuan kafir.

Allah SWT berfirman,
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan  jilbabnya ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab: 59).
Lalu bagaimana agar kita bisa menjadi muslimah yang baik? Inilah beberapa sifat yang harus dimiliki seorang perempuan agar bisa menjadi 'be a good muslimah'.
  1. Menutup aurat dengan sempurna. Aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kaki termasuk aurat.
  2. Memakai pakaian yang syar'i. Pakaian yang syar'i adalah pakaian yang longgar, tidak ketat, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak tipis, tidak transparan, berpakaian tidak untuk menghias diri, tidak tabarruj, tidak memakai wewangian dan pakaiannya tidak meyerupai pakaian laki-laki. 
  3. Betah tinggal di dalam rumah. keluar rumah hanya karena urusan yang penting.
  4. Memiliki sifat pemalu yang tinggi.
  5. Taat dan patuh kepada suami.
  6. Menyenangkan jika dipandang, tutur katanya lembut, sopan dan keibuan.
  7. Berhias hanya untuk suami.
  8. Menjaga kehormatan diri, anak dan harta suami ketika suami tidak di rumah.
  9. Selalu bersyukur dengan pemberian suami.
  10. Istri yang suaminya ridho padanya.

Jadilah perempuan yang selalu menutup aurat, menjaga pandangan, tidak mengumbar aurat di hadapan yang bukan mahrom. Berpakaian seperti yang disyariatkan islam. Lebih senang berada di rumah bersama anak-anak dari pada keluar untuk urusan yang tak jelas. Karena keadaan perempuan yang paling dekat dengan wajah Allah adalah perempuan yang berada di dalam rumahnya. Perempuan juga harus punya rasa malu, taat dan patuh pada suami. Tidak membantah atau melawan perkataan suami, Meski harus menasehati suami, nasehatilah dengan sopan, lembut dan keibuan serta selalu menyenangkan hati suami dengan selalu berhias hanya untuk suami. Banyak diantara perempuan yang terbalik, berhias jika hanya keluar rumah dan jika di rumah bersama suami malah dandan seadanya. Menjaga kehormatan dan harta suami ketika suami tidak ada di rumah. Bersyukur berapapun pemberian suami dan jika suami ridho padanya maka istri bisa masuk syurga melalui pintu mana saja yang disukai. Tapi dengan catatan harus ikhlas menjalaninya. 

Luar biasa ya jadi perempuan. Karena sebenarnya Allah sangat memuliakan kita sebagai perempuan dan Allah selalu menghitung setiap pekerjaan baik yang kita lakukan dengan nilai ibadah. Dan amal ibadah itu akan terus dihitung setiap kali kita membuatkan minuman suami, membuatkan sarapan, menyetrika baju suami dan anak-anak bahkan melayani syahwat suami juga ibadah. dan masih banyak yang lain. Semua dihitung amal ibadah dan semoga segala keikhlasan perempuan dalam menjalani kehidupan bersama suaminya dapat mengantarkan kita menuju Jannah-Nya. Aamiin...


puji saputri

Comments

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

lifestyle.okezone.com Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah. Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

konsultasisyariah.com Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

rmol.co Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati. Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

kabarmakkah.com Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya. Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Punya Wajah Mirip Orangtua, Selalu bertengkar. Mitos atau fakta?

vemale.com Punya wajah yang mirip atau hampir mirip dengan wajah orangtua, baik ibu atau ayah mengakibatkan kita selalu bertengkar, benar nggak sih? Saya termasuk anak yang punya wajah mirip sekali dengan ibu saya. Orang-orang selalu mengatakan bahwa saya adalah fotokopi ibu. Apalagi jika bertemu dengan teman lama ibu, mereka selalu bilang "Kamu mirip sekali ya, persis seperti waktu ibumu masih gadis dulu."