Langsung ke konten utama

10 Ramuan Herbal Untuk Kecantikan

spirit.web.id
Akhir-akhir ini, banyak dilakukan metode pengobatan secara tradisional dengan mengandalkan tanaman herbal. Metode ini lebih diminati pada zaman sekarang ini. Bukan hanya karena aman dan tanpa efek samping, tapi juga mudah didapatkan.

Dulu, kita pernah mengenal dengan istilah apotek hidup, kini dikenal dengan nama TOGA atau tanaman obat keluarga. Semangat untuk menggiatkan program back to nature bisa kita lakukan dengan menanam tanaman berkhasiat obat di pekarangan rumah. Selain menanam tanaman berkhasiat obat untuk kesehatan kita juga bisa menanam tanaman yang berkhasiat untuk kecantikan. 

Ada beberapa tanaman yang bisa kita ramu yang berfungsi untuk kecantikan diantaranya :

1. Kangkung air.

Ternyata nenek moyang kita dahulu, jauh sebelum diciptakannya hand and body lotion, mereka menggunakan tanaman kangkung air untuk melembutkan kulitnya. Caranya : Haluskan seluruh bagian tanaman mulai dari daun, batang, akar kemudian usapkan pada kulit secara merata.  Lakukan rutin seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Zat sitosferol, hentriakontan dan beta karoten dalam sari kangkung dapat merangsang pengelupasan kulit yang mati dan menggantinya dengan lapisan kulit yang baru. Sangat baik untuk menghilangkan bekas luka koreng.

2. Mengkudu.

Kupas buah mengkudu yang matang kemudian oleskan ke kulit, diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Selain buahnya, daunnya juga bisa digunakan.

Kandungan triterpen, olikosida antrakinan, karoten dan askorbin bermanfaat untuk melembutkan kulit.

3. Tapak liman.

Iris-iris daun tapak liman, masukkan ke dalam air mendidih, tunggu 10 menit kemudian setelah suhunya hangat segera seka ke kulit secara merata dengan menggunakan waslap. 

Kandungan stigmasterol, triakontanol, lupeol, apifriedelinol dan deoksilefantopin berguna untuk menghaluskan kulit.

4. Bunga pukul empat.

Bunga pukul empat atau kembang segerat (mirabilis jalapa), berdasarkan namanya, bunga ini memang mekar hanya pada pukul empat sore, setelah itu akan kembali kuncup. Bunga ini dapat mengobati jerawat yang meradang.

Caranya : Kumpulkan biji bunga pukul empat, kupas kulitnya lalu haluskan zat tepung di dalam biji tadi. Kemudian beri sedikit air dan oleskan pada wajah sebagai bedak dingin.

Kandungan betaxantin dalam biji bunga pukul empat ini dapat menyembuhkan radang jerawat dan melancarkan peredaran darah di sekitar wajah.

5. Getah pepaya.

Caranya, oleskan getah pepaya yang masih muda pada bagian wajah yang berjerawat.

Kandungan enzim lipase, papan kemopapain dan lisosim dapat mengurangi radang. 

Dan dengan meminum air atau membasuh wajah dengan air rebusan akar pepaya juga dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru di wajah.

6. Daun sirih.

Selain untuk mengobati keputihan, bau mulut dan bau badan, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit pada jerawat. Caranya, haluskan 10 lembar daun sirih, kemudian masukkan ke dalam 1 gelas air mendidih, setelah hangat gunakan untuk membasuh muka.

Kandungan zat tanin, terpen, seskuiterpen, fenil propana, sineol, eugenol dan kavikol berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal dan sakit pada jerawat, khususnya jerawat batu serta dapat mengurangi radang.

7. Kembang sepatu.

Caranya, iris bunga dan daun kembang sepatu lalu rebus sampai mendidih. Selagi panas gunakan uapnya untuk menguapi wajah.

Kandungan alkaloid seperti sianidin glukosida, hibistin dan taraseknilasetat berkhasiat menyembuhkan radang jerawat. 

8. Tomat, ketimun dan belimbing wuluh.

Gunakan tomat, ketimun dan belimbing wuluh sebagai masker wajah. Gunakan secara bergantian.

Kandungan tomatin, kolin, trigonelin, adenin, asam malat dan asam sitrat dalam tomat. Kandungan kurkubitasin, stigmasterol, glutation, glukosida dan saponin dalam ketimun. Kandungan senyawa belerang, asam tomat dan kalium sitrat dalam belimbing wuluh. Semua zat-zat itu bermanfaat untuk mengurangi radang jerawat, mengencangkan kulit wajah, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Caranya, bisa dengan mengiris atau menghaluskan tomat, ketimun atau belimbing wuluh, kemudian ratakan di wajah sambil berbaring, lalu diamkan 20 menit dan gosok secara merata, biarkan mengering. Kemudian basuh dengan air hangat.

9. Kemuning.

Siapkan segenggam daun kemuning, daun mengkudu, dan setengah jari kelingking temu giring. Haluskan dengan setengah gelas air matang, peras dan minum airnya setiap pagi sebelum makan. 

Zat sitronelol, panikulatin, komurayin, ostol, karena-3, eugenol, metil antranilat dan beta kariofilin dapat melarutkan lemak tubuh. Dan jika diminum rutin setiap hari maka tubuh akan menjadi langsing. 

10. Bangle.

Siapkan masing-masing 1 1/2 ruas ibu jari bangle dan temu ireng, kupas, parut lalu tambahkan 3 sendok makan air jeruk nipis, 6 sendok makan madu, 3 sendok makan air matang. Remas dan saring Kemudian bagi sarinya menjadi tiga untuk diminum pagi, siang dan malam sebelum makan.

Senyawa tanin, sincol, pinen dan damar dapat membantu menurunkan berat badan. Sangat baik digunakan bagi ibu-ibu yang habis melahirkan. Tambahannya gunakan bangle parut dan balurkan pada bagian perut kemudian tutup dengan gurita. 

Cara lain, ambil setengah jari bangle, setengah jari temu giring, 3/4 jari lempuyang wangi, 1/4 genggam daun kemuning, 1/4 genggam daun jati belanda dan gula merah. Rebus dengan 6 gelas air sampai tinggal separuhnya. dinginkan kemudian saring. Bagi menjadi tiga bagian untuk diminum 3 kali sehari sebelum makan.

Semoga beberapa ramuan ini dapat membuat kulit kita jadi halus, bersih, bebas jerawat dan terhindar dari bau mulut serta badan juga menjadi langsing.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang didapat dari tanaman herbal, tidak ada salahnya kita menggalakkan program untuk menanam tanaman obat di pekarangan rumah. Selain memanfaatkan sisa lahan yang ada, rumah menjadi asri kita juga bisa mengambil manfaatnya. 

Semoga bermanfaat ya...
 

puji saputri

Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Ketika Saya Mengalami Morning Sickness

Ketika seorang perempuan dewasa memutuskan menikah, rasanya sangat bahagia sekali. Itu artinya seorang perempuan harus menyiapkan mental menjadi seorang istri. Dimana setiap pekerjaan apapun yang dilakukan istri untuk suami dan keluarganya dihitung amal ibadah kebaikan. Dan ketika seorang istri mengetahui dirinya hamil, maka mulai detik itu juga seorang perempuan juga harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu.  dan pahala kebaikan demi kebaikan akan terus mengalir jika ikhlas menjalaninya.
Alangkah bahagianya jika melewati moment kehamilan dengan lancar dan menyenangkan. Namun bagaimana jika perempuan, tepatnya calon ibu harus mengalami mual dan muntah yang terus menerus dan membuat moment kehamilan terasa seperti perjuangan yang berat baik bagi si calon baby maupun bagi calon ibu. Atau yang lebih dikenal dengan 'Morning sickness'.