Langsung ke konten utama

Makanan Mempermudah Kehamilan

akuiginhamil.net
Sebelumnya saya sudah bahas makanan yang dapat menyulitkan terjadinya kehamilan. Kali ini saya akan bahas makanan yang dapat menyuburkan kandungan dan mempermudah terjadinya kehamilan.

Masih ingat nggak ketika orang tua kita dulu sering bilang "Banyak-banyaklah makan tauge agar bisa punya banyak anak". Ternyata nasehat kuno itu ada benarnya juga lho... Karena tauge dapat meningkatkan kesuburan. Tauge mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

Ada beberapa cara untuk membantu mempermudah terjadinya kehamilan lewat makanan. Apa saja?

1. Susu non fat.

Susu non fat mengandung triptopan yang memicu produksi serotonin yang bersifat menenangkan syaraf. Minum susu hangat sebelum tidur.

2. Kacang-kacangan.

Selain mengandung kalsium dan magnesium, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat besar manfaatnya untuk memulihkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem reproduksi. Memakan segenggam kacang tiap hari di sela kesibukan.

3. Jus sayuran.

Misalnya jus wortel, jus bayam, jus brokoli, jus ketimun, bit atau campuran dari beberapa buah dan sayuran. Tapi sebelum mengolahnya pastikan buah dan sayur sudah dikupas dan dicuci bersih. Minum paling sedikit sekali sehari.

4. Vitamin A.

Vitamin A banyak terdapat pada sayur yang berwarna hijau gelap seperti bayam, brokoli, daun kacang panjang, daun ubi jalar, daun katuk, daun singkong, daun pepaya, seledri. Dan pada buah yang berwarna orange seperti wortel, tomat, mangga, pepaya, semangka, jeruk, labu kuning, ubi jalar.

Vitamin A bermanfaat untuk penyegaran sistem reproduksi. Vitamin A juga akan mempersiapkan membran mukosa dinding rahim  agar calon janin dapat tertanam dengan baik di dinding rahim. Dan janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

5. Vitamin C.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sperma lengket satu sama lainnya. Sehingga sel telur keburu mati sebelum sempat dibuahi oleh sperma yang larinya lambat karena lengket.

6. Vitamin E.

Vitamin E merupakan vitamin yang dapat memacu produksi sperma dan menghasilkan sperma yang banyak dan berkualitas. Juga meningkatkan kesuburan wanita.

7. Protein dan mineral

Daging, tiram, ayam, ikan, mengandung seng yang sangat baik untuk pembentukan hormon testosteron.

8. Diet karbo.

Badan yang terlalu gemuk dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Kurangi makan karbohidrat, seperti nasi, mie, umbi-umbian dan makanan olahan dari tepung lainnya.

Itulah makanan yang dapat mempermudah kehamilan. Selain itu mengatur waktu berhubungan sangatlah penting. Perlu diperhitungkan masa subur istri agar perlepasan antara sperma dan sel telur dapat bertemu di waktu yang tepat.

Semoga bermanfaat ya...


puji saputri 


Komentar

Populer

Jeritan Hati Seorang Janda

Setiap manusia punya masa lalu, ntah itu baik atau buruk, apapun itu semua merupakan jalan kehidupan yang harus dilalui dan dijalani oleh manusia. Dan apapun yang manusia hadapi semua adalah jalan terbaik baginya. Mungkin tak baik bagi manusia tapi baik menurut Allah. Baik bagi manusia belum tentu baik bagi Allah.
Setiap manusia sudah ada jalan kehidupannya sendiri, garis nasib manusia baik untuk urusan kematian, rejeki, bahkan jodoh sudah ditentukan sejak masih di dalam kandungan ibunya. Ada yang dijodohkan dengan orang kaya, orang biasa, bangsawan, janda dan duda. Tak ada yang bisa melawan takdir. Manusia Diciptakan hanya untuk menjalankan skenario yang telah ditetapkan Tuhan.

Wahai Para Suami, Jangan Pisahkan Istrimu Dari Orangtuanya

Taat kepada suami setelah menikah adalah surga bagi istri. Karena surga dan neraka istri adalah suaminya. Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, taat dan patuh pada suami lebih utama dibanding taat pada orangtua.

Penyesalan Seorang Suami Yang Telah Menyia-nyiakan Istri Dan Anak-Anaknya

Penyesalan itu datangnya selalu di akhir, kalau datangnya di awal itu namanya pendaftaran, hehe... pernah dengar kan tentang kata itu? Bicara soal penyesalan ya memang nggak ada habisnya. Apalagi jika kita sedang sendiri lalu teringat kenangan masa lalu tentang seseorang yang sangat kita sayangi dan cintai dengan setulus hati.
Di saat penyesalan itu datang yang ada hanyalah duka yang teramat dalam dan sangat menyesakkan dada. Ingin rasanya untuk mengulang kembali sejarah masa lalu itu dengan tekad ingin memperbaiki semua. Namun apa daya dia telah pergi dan sudah bukan milik kita lagi.

Kisah Nyata yang Sedih dan Mengharukan 'Tragedi di Malam Pertama'

Dulu ketika masih remaja, di saat gejolak jiwa anak muda masih menguasai hati dan pikirannya, paling pantang jika diharuskan untuk nurut kata orang tua. Masih ingin melakukan ini dan itu tanpa kekangan siapapun. Meski sebenarnya dia bukan anak yang nakal. Tapi ya... namanya juga anak muda gitu lo... Meskipun secara fisik terlihat pendiam dan penurut. Kenyataanyapun anak muda itu juga tidak lepas dari pantauan orang tuanya.
Dia gadis yang lugu, manis, berwajah melankolis, pandai namun agak kurang suka bergaul dengan sembarang orang. Dia lebih suka di rumah membaca buku, menulis, dan belajar.

Ketika Saya Mengalami Morning Sickness

Ketika seorang perempuan dewasa memutuskan menikah, rasanya sangat bahagia sekali. Itu artinya seorang perempuan harus menyiapkan mental menjadi seorang istri. Dimana setiap pekerjaan apapun yang dilakukan istri untuk suami dan keluarganya dihitung amal ibadah kebaikan. Dan ketika seorang istri mengetahui dirinya hamil, maka mulai detik itu juga seorang perempuan juga harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu.  dan pahala kebaikan demi kebaikan akan terus mengalir jika ikhlas menjalaninya.
Alangkah bahagianya jika melewati moment kehamilan dengan lancar dan menyenangkan. Namun bagaimana jika perempuan, tepatnya calon ibu harus mengalami mual dan muntah yang terus menerus dan membuat moment kehamilan terasa seperti perjuangan yang berat baik bagi si calon baby maupun bagi calon ibu. Atau yang lebih dikenal dengan 'Morning sickness'.